Trik Jitu Lulus Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang

Trik Jitu Lulus Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang
Trik Jitu Lulus Ujian Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang

Saat ini belanja barang atau jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan bisa dilakukan oleh pihak yang ahli dalam bidang pengadaan barang atau jasa. Dengan artian pengadaan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Keahlian yang dimaksud adalah memiliki sertifikasi PBJ. Nah berikut beberapa tips agar lulus sertifikasi ahli pengadaan.

Minimal Pernah Sekali Membaca Peraturan Terkait Pengadaan Barang atau Jasa

Poin pertama yang perlu kamu perhatikan agar lulus sertifikasi adalah dengan memahami berbagai peraturan terkait dengan PBJ. Setidaknya kamu pernah membaca sekali mengenai peraturan tentang PBJ. Meski terkesan sepele, namun poin yang satu ini memiliki peranan yang cukup penting.

Tak hanya itu saja, pastikan bahwa kamu juga pernah sesekali mengkhatamkan Perpres tentang PBJ. Pasalnya dengan membaca keseluruhan hal yang terkait dengan Papras PBJ maka secara otomatis kamu akan mendapat gambaran umum dan alur terkait dengan PBJ. Jadi sebelum melaksanakan ujian, pastikan kamu sudah membaca Papras PBJ terlebih dahulu.

Buat Pemetaan Tentang Pasal dalam Pengadaan Barang atau Jasa

Setelah kamu selesai membaca keseluruhan Papras PBJ, poin penting selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah membuat pemetaan tentang pasal-pasal yang ada dalam Papras PBJ. Jadi tak hanya perlu membacanya saja, kamu juga perlu memahami sebagian besar gambaran yang terdapat pada Papras PBJ.

Setelah membaca akan lebih baik jika kamu membuat matriks atau pemetaan Papras PBJ guna memudahkan kamu untuk mencari dan menemukan hal-hal yang diperlukan dalam Papras. Poin-poin penting yang perlu kamu buat pemetaan seperti daftar yang mengatur Rencana Umum Pengadaan hingga pasal-pasal yang mengatur tentang metode pemilihan.

Mengerjakan Soal Pengadaan Barang atau Jasa dari Bobot yang Paling Tinggi

Waktu yang terbatas selama ujian PBJ berlangsung mengharuskan untuk bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Untuk itu pastikan jangan sampai kamu kehabisan waktu. Pada umumnya soal PBJ dibagi menjadi 3 bagian yaitu soal benar atau salah berbobot 2, soal teori pilihan berganda berbobot 3, dan soal kasus pilihan berganda berbobot 4.

Bahkan biasanya urutan soal tersebut dimulai dari soal benar atau salah dengan bobot yang paking rendah. Setelah itu dilanjutkan dengan soal pilihan berganda dan diakhiri dengan soal kasus pilihan berganda dengan bobot yang paling tinggi.

Mengingat bahwa soal kasus berganda memiliki bobot yang paling tinggi, maka akan lebih baik jika kamu mengerjakan soal ujian mulai dari soal dengan bobot yang paling tinggi. Sehingga jika saja kamu kehabisan waktu, maka hanya tersisa soal dengan bobot yang kecil.

Latihan Mengerjakan Soal-soal Pengadaan Barang atau Jasa

Agar kamu lebih mengenal tentang bentuk dan struktur soal, maka sangat disarankan bagi kamu untuk melakukan latihan mengerjakan soal-soal PBJ terlebih dahulu sebelum menjalani ujian. Agar bisa mengerjakan soal latihan tersebut maka kamu mau tidak mau harus mencari jawaban dan membaca Papras PBJ demi mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.

Itulah beberapa kiat khusus agar lulus seleksi ahli PBJ. Apa kamu berkeinginan untuk bisa bekerja di bidang pengadaan? Pastikan untuk melalukan beberapa tips di atas. Mbizmarket merupakan salah satu solusi pengadaan barang dan jasa terpercaya di Indonesia.