Sistem Informasi Pendidikan, Perlukah di Indonesia?

Sistem Informasi Pendidikan, Perlukah di Indonesia?
Sistem Informasi Pendidikan, Perlukah di Indonesia?

Perdebatan tentang perlu tidaknya sistem informasi pendidikan di Indonesia masih kerap terjadi. Apakah anda setuju dengan kehadirannya atau justru sebaliknya?

Sistem informasi telah ada sejak zaman pra sejarah. Namun pada masa tersebut, tidak ada teknologi yang mempermudah informasi agar cepat diakses setiap orang. Rupanya hal ini pula yang terjadi di bidang pendidikan. Di mana, terjadi perubahan informasi pendidikan hingga kini modern dan maju. Sayangnya, pandangan ini masih dipertanyakan banyak orang. Bagaimana menurut anda?

 

Perlukah Sistem Informasi Pendidikan?

Pertanyaan ini kerap disampaikan dalam berbagai kesempatan. Karena adanya pandangan bahwa sistem ini membuat manusia semakin jauh. Keberadaan sistem juga membuat manusia lebih malas, karena setiap pekerjaan akan dibantu oleh komputer ataupun teknologi lain. Hal inilah yang disebutkan sebagai dampak negatif sistem dan selalu dijadikan alasan dalam setiap pembaharuan.

Namun tahukah anda bahwa terdapat banyak kelebihan dari sistem informasi tersebut? Sebut saja, pekerjaan akan lebih cepat selesai. Anda dapat melakukan kegiatan lain, karena pekerjaan dapat selesai dalam waktu singkat. Selain itu, sistem membuat kita lebih irit terhadap penggunaan kertas. Hal ini tentu mendukung program pengurangan dampak pemanasan global yang tengah digaungkan.

Apa Manfaat Sistem Informasi?

Untuk lebih meyakinkan anda untuk menggunakan sistem, terdapat beberapa manfaat yang dapat dipertimbangkan secara mendalam, yaitu:

1. Pemberian Contoh

Penggunaan sistem informasi dengan basis teknologi sangat disarankan dalam dunia pendidikan. Karena melalui teknologi, pemberian contoh dapat lebih mudah dan nyata. Siswa dapat lebih memahami materi yang diberikan melalui contoh. Namun guru dipaksa untuk “melek” teknologi dan belajar bersama siswa.

2. Percepatan Pelayanan

Manfaat lainnya adalah percepatan pelayanan. Hal-hal administrasi di sekolah masih kerap terjadi di berbagai sekolah di Indonesia. Untuk itu, penggunaan sistem informasi sangat disarankan, guna mempercepat pelayanan. Pelayanan yang cepat tanggap akan membantu proses belajar mengajar karena tidak ada waktu yang terbuang.

3. Peningkatan Daya Saing

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah adanya peningkatan daya saing. Sekolah yang baik adalah sekolah yang terus memberikan peningkatan kualitas bagi layanannya. Sistem informasi yang baik, dapat menjadi poin untuk meningkatkatkan daya saing. Semakin baik sistem informasi, maka semakin baik kualitas sekolah dan siap besaing dengan sekolah internasional sekalipun.

4. Mandiri

Manfaat lainnya adalah anda tidak harus belajar secara tatap muka. Siswa dapat mengakses pembelajaran hanya dengan internet. Siswa dapat belajar dengan mandiri dan memanfaatkan komputer serta internet. Walaupun tidak dapat menggantikan pembelajaran konvensional 100%, metode ini efektif dijalankan selama masa pandemi atau kendala lainnya.

Sebenarnya sistem informasi memiliki banyak manfaat saat digunakan. Namun ada beberapa kekurangan yang selalu dipertimbangkan dalam penggunaan sistem informasi pendidikan. Hal ini sebenarnya tergantung pada cara penggunaan teknologi tersebut. Jangan sampai berlebihan, karena segala yang berlebihan tidak baik.