Seperti Inilah Tips Membeli Barang Original Secara Online Agar Tidak Tertipu

Seperti Inilah Tips Membeli Barang Original Secara Online Agar Tidak TertipuMengingat tingginya minat masyarakat Indonesia dalam jual beli online, tentu saja dapat meningkatkan persaingan di pasar e-commerce. Ya, terang saja demikian, sebab belanja secara online ini jauh lebih praktis dan mudah sehingga kita tidak perlu terjun langsung ke lapangan. Akan tetapi, tak sedikit dari para konsumen yang tertipu, karena produk yang dipesannya itu ternyata palsu. Lantas, apa yang harus kita lakukan? Tenang, kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan memberikan beberapa tips membeli parfum original secara online agar tidak tertipu. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

  1. Cermati Nama Toko dan Tampilan Website

Tips pertama yang harus kalian lakukan saat membeli barang original secara online, yakni dengan mencermati nama toko dan tampilan websitenya. Dalam hal ini, kamu bisa melakukannya melalui search pada mesin pencarian Google. Dengan begitu, maka Google akan memberikan informasi mengenai reputasi atau track record dari website tersebut. Biasanya, situs toko online yang memiliki reputasi bagus itu selalu muncul di halaman pertama.

Selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa melakukannya dengan cara melihat apakah websitenya dibuat melalui hosting gratis atau berbayar? Pada umumnya, situs online shop yang terpercaya itu akan mempunyai alamat domain sendiri. Adapun mengenai ciri-ciri hosting gratis yang harus kalian ketahui, yakni dimana ia akan dibarengi dengan alamat domain pemberi hosting. Misalkan saja alamat websitenya seperti www.tokoABCD.blogspot.com. Ya, kebanyakan website yang menggunakan hosting gratis ini selalu menggunakan alamat tersebut, dan kemungkinan besarnya akan menipu konsumen.

  1. Pahami Produk Yang Akan Kamu Beli

Memahami produk yang akan dibeli merupakan tips paling ampuh dalam belanja online, agar kamu terhindar dari penipuan. Kamu haru cari tahu dulu berapa harga pasarannya, kemudian bandingkan dengan harga lainnya sebelum memutuskan untuk membeli. Setelah itu, pahami pula spesifikasi barangnya terlebih pada produk yang berupa barang elektronik. Jika perlu kamu tanyakan sedeteail mungkin kepada si penjual. Apabila si penjual tidak mampu menjelaskan spesifikasi produknya secara detail, maka kamu patut mencurigainya.

Disamping itu, kamu juga harus tahu apakah barang tersebut memang di jual di Indonesia atau tidak? Pasalnya, ada beberapa toko online yang menjual produk impor secara langsung, seabgai reseller dari brand tertentu. Pada umumnya, harga akan menjadi lebih mahal dikarenakan ada biaya cukai untuk brang-barang yang masuk secara legal melalui distributor resmi. Setelah itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengeceknya lebih teliti sebelum membeli.

  1. Penawaran Harga Yang Terlalu Murah

Semurah-murahnya produk original, tentu saja masih tetap dalam standard harga murah di pasaran. Pada umumnya, produk original yang dijual dengan harga murah ini merupakan model lama atau second hand (bekas pakai). Namun, ada beberapa situs online shop yang memang bekerjasama dengan brand tertentu untuk menjual produk mereka secara eksklusif. Kendati demikian, ternyata masih ada saja sebagian situs toko online yang tidak jujur dan menjual barang yang tidak sesuai dengan deskripsi pada website. Misalkan saja kamu membeli sepatu Adidas yang dijual dengan harga lebih murah, namun setelah barangnya datang, ternyata sepatu tersebut tidak sesuai dengan foto yang tercantum pada websitenya.

  1. Perhatikan Testimoni Dari Para Pembeli Lainnya

Meskipun cara ini tidak menjadi jaminan, namun tidak ada salahnya juga jika kamu memperhatikan terlebih dahulu testimony dari para pembeli lainnya. Biasanya, para pembeli yang kecewa itu akan melayangkan protes berupa komen atau ratting yang tidak baik pada situs online shop tersebut. Begitu juga saat barang yang dikirimkan sesuai dengan pesanan, maka testimony dari para pembelinya pun akan baik pula.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk megetahui tentang testimony dari pembeli tersebut meyakinkan, yakni dengan mengecek username penulisnya serta membaca ulasan-ulasan yang tertera pada websitenya. Soalnya, para pembeli yang merasa puas tentu saja akan kembali mengunjungi situs online shop tersebut. Apabila testimony yang tertulisnya terkesan mengada-ada bahkan cenderung sama, bisa jadi bahwa mereka bukanlah pembeli nyata. Oleh karena itu, kau harus lebih teliti lagi dalam membedakan mana pembeli yang nyata dan mana pembeli yang fiktif?

  1. Marketplace Platform

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan di atas tadi, bahwa situs online shop merupakan pilihan yang tepat untuk belanja lebih mudah dan nyaman. Dalam hal ini, kamu harus berbelanja pada situs online shop yang terkenal seperti iLotte. Mengapa harus di iLotte? Pasalnya, iLotte merupakan salah satu situs onlineshop terbesar dan paling terpercaya di Indonesia, yang tentu saja akan menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja.

Selain itu, iLotte juga selalu memonitor setiap transaksi jual beli yang terjadi pada websitenya melalui system yang sangat bagus mulai dari segi keamanan, baik itu dari pihak pembeli maupun si penjualnya. Dengan demikian, maka hal tersebut dapat mencegah barang palsu yang di jual sebagai yang asli. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, situs iLotte kerap memberikan diskon yang menarik pada setiap bulannya lho. Maka dari itu, buruan belanja di iLotte sekarang juga sebelum kehabisan!

  1. Pilihlah Sistem COD (Cash On Delivery)

Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam belanja online agar tidak tertipu, yakni memilih system cod alias cash on delivery. Ya, system yang satu ini dapat memberikan pilihan kepada si penjual maupun si pembeli untuk berhadapan langsung pada tempat-tempat yang telah disepakati untuk melakukan transaksi. Apabila barang yang kamu pesan tidak sesuai atau mengalami cacat, maka kamu pun bisa langsung menukarnya atau tidak jadi membeli produk si penjual tersebut.

  1. Simpanlah Nomor Resi Pengiriman

Ini dia salah satu poin penting yang seringkali kita abaikan, dimana nomor resi pengiriman ini selalu hilang atau lupa menyimpannya. Padahal, keberadaan nomor resi pengiriman ini sangatlah penting untuk meminimalisir penipuan lho. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, nomor resi pengiriman ini dapat melacak pergerakan barang dari lokasinya melalui website jasa pengiriman barang yang digunakan. Jika toko online tersebut tidak memberikan nomor resi pengiriman ataupun bukti lainnya, maka kamu wajib mencurigainya, dan bisa jadi mereka adalah penipu yang tidak mengirimkan barangnya, atau produk yang dikirimnya itu palsu.

  1. Foto Produk Asli

Apabila foto produk yang ditampilkannya mempunyai resolusi yang lebi kecil dan tidak dapat dilihat dengan jelas, serta si penjual menolak untuk mengirimkan foto asli dengan beragam alasan, tentu saja barang-barang yang dijualnya itu sudah pasti palsu.

Nah, itulah beberapa tips membeli barang original secara online. Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, tentu saja kamu akan terhindar dari penipuan.