Persiapan dan Jadwal Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022

Persiapan dan Jadwal Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022Sebentar lagi, kualifikasi perhelatan akbar cabang olahraga yang paling populer di dunia akan dilangsungkan. Timnas Indonesia akan bertarung dengan 40 timnas dari negara Asia lain, negara-negara tersebut dibagi menjadi 5 pot, dimana setiap pot terdiri dari 8 negara dan kemudian mereka terbagi menjadi 8 grup.

Para juara grup dan empat runner-up terbaik akan maju ke kualifikasi babak ketiga. Piala dunia 2022 hanya membutuhkan 5 negara terbaik dari zona Asia untuk memeriahkan pesta empat tahunan tersebut. Pada jadwal timnas indonesia yang perdana, dukungan langsung dari warga akan sangat menambah motivasi pemain di lapangan.

Berkaca pada pengalaman saat tahun 2016 lalu, timnas Indonesia memenangkan final AFF Suzuki Cup leg pertama saat bermain di kandang sendiri. Hal ini menjadi keuntungan, mengingat timnas Indonesia akan menjadi tuan rumah di putaran pertama babak kualifikasi melawan rival, Malaysia. Lalu, seperti apa jadwal Timnas Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia 2022? Berikut jadwal mereka, dari data yang saya himpun dari https://www.bolanusantara.com/.

Jadwal Timnas Indonesia

Tanggal 17 Juli 2019, bertempat di Malaysia, dilakukannya proses pengundian kualifikasi piala dunia 2022 zona Asia babak II telah digelar. Hasilnya, Indonesia satu grup dengan musuh-musuh yang sudah familiar seperti Vietnam, Uni Emirat Arab, Malaysia, dan Thailand yang tergabung dalam grup G. Kapan babak kualifikasi dimainkan? Berikut rangkuman jadwal Timnas Indonesia untuk anda :

  • September
  1. 05/09/19 Indonesia Vs Malaysia
  2. 10/09/19 Indonesia Vs Thailand
  • Oktober
  1. 10/10/19 UEA Vs Indonesia
  2. 15/10/19 Indonesia Vs Vietnam
  • November
  1. 19/11/19 Malaysia Vs Indonesia
  • Maret
  1. 26/03/20 Thailand Vs Indonesia
  2. 31/03/20 Indonesia Vs UEA
  • Juni
  1. 04/06/20 Vietnam Vs Indonesia

Dukungan Langsung

Pelatih Tim Nasional Indonesia, Simon McMenemy ikut menghadiri pada undian babak kualifikasi piala dunia 2022, di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia, pada hari Rabu kemarin. McMenemy mengatakan bahwa dia sangat antusias untuk membawa timnas Indonesia ke dalam kompetisi akbar Piala Dunia 2022 yang akan dilaksanakan di Qatar. Dia juga mengatakan bahwa dukungan doa, dan dukungan moril seperti datang langsung ke pertandingan Timnas akan sangat berpengaruh bagi spirit pemainnya. “mudah-mudahan kita bisa meraih hasil positif,” ucap Simon, dikutip dari situs resmi PSSI, Rabu (17/07) waktu setempat.

Seperti yang sudah kita ketahui, dukungan langsung akan sangat berpengaruh dalam perjalanan Timnas manapun dalam menghadapi kompetisi antar negara, seperti contoh tahun 2016 lalu, Timnas Thailand kalah dari Indonesia dalam leg pertama final Piala AFF Suzuki, di Stadion Pakansari, Bogor. Namun dengan dukungan langsung dari warganya, Thailand berhasil membalikkan keadaan dengan skor yang meyakinkan, 2-0. Ini menunjukkan bahwa suporter yang berteriak di bangku penonton stadion menjadi pemain ke 12 bagi timnya.

Jadwal yang Menguntungkan

Jadwal Timnas Indonesia saat ini bisa dikatakan menguntungkan mereka. Bertanding di kandang sendiri melawan timnas Thailand dan Malaysia, tim Garuda sepatutnya meraih hasil yang semaksimal mungkin, mengingat dukungan dari warga Indonesia yang sangat fanatik serta diimbangi dengan kapasitas Stadion Gelora Bung Karno yang besar, dengan 76.127 kursi.

Pemain Naturalisasi yang Sudah Beradaptasi

Simon McMenemy akan membawa 27 pemain untuk melaksanakan babak kualifikasi piala dunia 2022, dari ke 27 pemain itu terdapat banyak wajah-wajah yang sudah menghiasi Timnas Indonesia pada periode sebelumnya seperti, Andritany, Andik Vermansyah, sampai irfan Bachdim. Namun menariknya, ada sejumlah pemain naturalisasi yang baru pertama kali mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia, yaitu Greg Nwokolo dan Ilija Spasojevic, kedua pemain ini bisa dibilang sudah lama malang melintang di dunia sepak bola tanah air.

Greg Nwokolo pertama kali bermain di liga Indonesia adalah saat ia bergabung dengan Persijatim Solo FC pada tahun 2004, dan mengaku langsung jatuh cinta pada Indonesia. Dengan kecintaan kepada Indonesia, Greg akhirnya resmi menjadi warga negara Indonesia pada tahun 2011.

Sementara itu, Ilija Spasojevic, pemain naturalisasi asal Montenegro sudah bermain sejak tahun 2011 di Liga Indonesia yang kala itu bernama Indonesia Premier League, dan Ilija memutuskan mengganti kewarganegaraannya menjadi warga resmi Indonesia pada tahun 2017. Dia mengatakan bahwa dia cocok dengan iklim Indonesia yang mempunyai dua musim.

Itulah beberapa informasi seputar jadwal timnas Indonesia dan analisa beberapa pemain yang akan berjuang untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dimata dunia. Tentunya dukungan kita kepada Timnas akan sangat dibutuhkan, mengingat jalan terjal yang akan dihadapi mereka begitu panjang, dan itu semua hanya untuk menjadikan Indonesia menjadi Macan Asia di mata sepak bola dunia.