Makanan Apa Saja yang Cook Dijadikan Cemilan untuk Ibu Hamil?

Makanan Apa Saja yang Cook Dijadikan Cemilan untuk Ibu Hamil
Makanan Apa Saja yang Cook Dijadikan Cemilan untuk Ibu Hamil

Momen kehamilan menjadi momen yang membahagiakan sekaligus melelahkan. Wanita hamil dituntut untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan sang janin walaupun terkadang ia merasakan mual dan tidak napsu makan. Jika tidak ingin makan makanan yang berat, sekadar cemilan pun sudah cukup. Nah, berikut jenis makanan yang bisa dijadikan cemilan untuk ibu hamil.

Kacang Mete dan Almond

Makanan sehat yang bisa Anda jadikan cemilan selama proses mengandung yang pertama datang dari jenis kacang-kacangan. Kandungan protein serta zat besi yang terdapat pada kacang mete berguna untuk membantu pembentukan sel serta darah merah pada janin dan juga mencegah sembelit pada sang ibu.

Di samping itu, kacang almond yang tergolong bahan makanan yang kaya akan kalsium ini sangat berguna untuk menyehatkan dan membantu pembentukan tulang pada janin. Selain itu kandungan sam folat didalamnya bermanfaat untuk mencegah kecacatan yang mungkin terjadi selama proses kehamilan.

Biskuit Gandum

Walaupun gandum bukan makanan utama masyarakat Indonesia, namun keberadaanya sudah populer sebagai bahan makanan pembuat roti serta biscuit. Kandungan serat, vitamin, zat besi serta asam folatnya sangat bermanfaat untuk proses pembentukan janin di dalam kandungan. Ditambah dengan kandungan karbohidrat didalamnya yang berguna sebagai penmbah tenaga.

Buah Kering

Jika Anda merasa bosan dengan buah yang dikonsumsi dalam bentuk dan olahan yang kurang menggugah selera, kini saatnya Anda mencoba buah kering. Walaupun berbeda bentuk dan ukuran dari buah aslinya, namun buah kering ini tetap mengandung vitamin serta mineral yang bisa menjadi pilihan cemilan untuk ibu hamil yang sehat.

Terdapat berbagai jenis berry yang bisa Anda pilih, seperti blueberry, raspberry, serta blackberry yang kaya akan vitamin C, asam folat, kalium dan serat. Ada juga olahan apel kering yang berguna untuk mengatasi sembelit, sumber antioksidan, mengurangi rasa mual, dan masih banyak lagi.

Ubi Manis

Jenis umbian yang biasa terdapat dalam hidangan kolak saat bulan puasa ini ternyata bisa menjadi pilihan camilan sehat yang pas untuk Anda. Kandungan Vitamin A, C, E serta beta-karoten, magnesium hingga oksidan didalamnya sangat berguna bagi ibu hamil maupun sang jabang bayi.

Sebagai makanan sumber prebiotik serta zat besi, ubi manis mampu meningkatkan sistem kekebalan imun serta mencegah anemia. Selain itu manfaat yang didapat dari ubi manis adalah mencegah pembengkakan kaki yang sering dialami oleh ibu hamil. Cara pengolahannya pun sederhana, bisa dikukus, dipanggang, dijadikan cake atau waffle dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan pilihan cemilan untuk ibu hamil. Tidak harus makan dalam porsi banyak, sedikit namun teratur itu sudah cukup. Jika bosan, Anda pun bisa mengolahnya menjadi beragam kreasi makanan yang lebih menggugah selera.  

Recent Tag:

  • https://lafabrika org/makanan-apa-saja-yang-cook-dijadikan-cemilan-untuk-ibu-hamil html