Macam-Macam Protein Nabati yang Cocok untuk MPASI Bayi

Macam-Macam Protein Nabati yang Cocok untuk MPASI Bayi

Protein merupakan satu di antara banyaknya nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi. Protein di antaranya bermanfaat untuk membangun dan memelihara jaringan tubuh bayi, sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal. Agar kebutuhan harian proteinnya bisa tercukupi, khususnya untuk bayi yang sudah mengonsumsi MPASI, macam-macam protein nabati berikut ini bisa Anda jadikan pilihan.

  1. Kacang Polong

Kacang polong sangat direkomendasikan untuk jadi salah satu bahan MPASI si kecil karena kaya akan kandungan protein. Selain memiliki cita rasa lezat yang khas, terdapat sekitar 25 gram protein di dalamnya 100 gram sajian kacang polong ini. Nah, Anda tinggal olah kacang polong ini dengan bahan lainnya, agar si kecil makin lahap mengonsumsi menu MPASI-nya.

  1. Kacang Kedelai

Dalam 100 gram kacang kedelai, terkandung sekitar 30 gram protein. Dengan kandungan protein yang sebanyak ini, tak salah kiranya jika Anda olah kacang kedelai sebagai bahan untuk membuat MPASI si kecil. Selain kacang kedelai ini, Anda bisa juga dijadikan tempe dan tahu yang merupakan produk olahan dari kacang kedelai, sebagai bahan MPASI bayi Anda.

  1. Kacang Merah

Masih dari keluarga kacang-kacangan, ada kacang merah yang dalam setiap 100 gram sajiannya terkandung sekitar 22 gram protein. Tak hanya itu saja, kacang merah juga diketahui kaya akan karbohidrat, asam lemak omega-3, dan juga serat, sehingga pencernaan si kecil menjadi lancar. Anda bisa variasikan jenis kacang-kacangan ini, untuk menu MPASI yang berbeda setiap harinya.

  1. Alpukat

Buah alpukat yang khas dengan daging buahnya yang berwarna hijau ini juga bisa Anda jadikan sebagai sumber protein di MPASI si kecil. Setengah buah alpukat segar mengandung sekitar 2 gram protein di dalamnya. Tak hanya itu saja, fungsi otak dan saraf si buah hati juga akan bekerja dengan baik, karena alpukat juga memiliki kandungan mangan di dalamnya.

  1. Buncis

Mudah didapatkan dan harganya murah, itulah sayur buncis. Dalam 100 gram sayur buncis ini, setidaknya mengandung sekitar 1.8 gram protein. Tak hanya itu saja, buncis juga kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh buah hati Anda. Proteinnya terpenuhi dan si kecil pun jadi tak gampang jatuh sakit.

  1. Jagung

Terakhir, ada jagung yang juga diketahui kaya akan kandungan protein di dalamnya dan juga cocok jadi bahan untuk membuat MPASI si kecil. Dalam 100 gram jagung, terkandung sekitar 3.2 gram protein nabati. Anda pun juga pasti sudah tahu bahwa jagung juga kaya akan karbohidrat, sehingga bisa menambah berat badan si kecil.

Itulah tadi macam-macam protein nabati yang cocok untuk Anda jadikan sebagai salah satu bahan membuat menu MPASI si buah hati. Dengan menggunakan bahan-bahan di atas, maka kebutuhan protein harian si kecil akan bisa terpenuhi. Tumbuh kembang buah hati Anda pun akan bisa berlangsung dengan optimal.a