Jenis dan Bahan Utama Masker ‘Sheet Mask’ yang Wajib Kamu Tahu

Jenis dan Bahan Utama MaskerSebagai satu cara paling mudah dan terbukti ampuh untuk merawat kulit, sheet mask makin digemari banyak orang. Sheet mask adalah masker wajah berwujud lembaran dengan bentuk potongan menyerupai kontur wajah. Masker ini rata-rata dikemas satuan dan tiap kemasan berisi cairan serum yang penuh nutrisi bagi kulit.

Untuk kamu yang sibuk, sheet mask bisa jadi pilihan tepat untuk merawat kulit wajahmu saat akan melakukan perjalanan jauh. Kamu cukup pilih jadwal penerbangan, beli sekarang di sini agar tidak kehabisan tiket, lalu siapkan sheet mask yang bakal menemanimu di perjalanan.

Masih bingung mencari sheet mask apa yang paling worth it dengan uang yang kamu keluarkan? Yuk, pelajari 4 jenis sheet mask yang kini banyak beredar termasuk fungsi, kelebihan, dan kekurangannya supaya nanti kamu tidak salah beli.

  1. Serat Non-Woven

Ini adalah bahan sheet mask generasi pertama yang hingga sekarang masih banyak dijual di pasaran. Non-woven miliki lembaran yang rapuh karena dibuat dari serat kasar berongga dengan tekstur seperti tisu basah atau lapisan dalam popok diapers.

Karena bahannya yang ‘pasaran’, sheet mask dengan bahan non-woven biasanya dijual dengan harga yang relatif murah. Masker ini juga tetap dapat membuat kulit wajahmu bernapas. Sayangnya, karena bahannya yang berongga, masker sheet mask non-woven memiliki kapasitas dan kemampuan rendah dalam menghantarkan cairan serum ke lapisan dalam kulit. Tidak cuma itu, bahan ini juga tidak terasa nyaman saat melekat ke wajah.

  1. Katun

Masker sheet mask jenis ini terbuat dari serat alam berupa olahan tanaman kapas. Hasilnya, masker ini dipasarkan dengan harga relatif terjangkau. Tidak hanya itu, seperti bahan katun yang kita kenal, masker jenis ini juga terasa halus dan lembut saat bersentuhan dengan kulit. Teksturnya yang berongga membuat kulit tetap mudah bernapas.

Dibandingkan non-woven, sheet mask berbahan dasar katun memiliki sistem penyerapan yang lebih baik. Jadi, cairan serum yang ada di dalam kemasan bisa banyak terserap dan tidak mubazir. Sayangnya, sheet mask berbahan katun tidak bisa melekat dengan baik di wajah. Akibatnya kalian tidak bisa banyak bergerak saat menggunakan sheet mask jenis ini.

  1. Hydrogel

Masker sheet mask ini terlihat cukup vancy karena tekstur dan warnanya yang berbeda, sepintas terlihat seperti jelly. Masker hydrogel terbuat dari jaringan polimer biokompatibel dengan struktur 3 dimensi, yang dalam dunia medis bahan ini digunakan untuk mengobati luka dan kerusakan kulit. Satu yang membedakan masker ini dengan sheet mask jenis lain, ia memiliki sistem penyerapan yang sangat baik dan memberikan efek menyejukkan di kulit.

Masker ini langsung melekat di wajah dengan sempurna, membuat kamu dapat bergerak bebas. Teksturnya yang tanpa rongga membuat masker ini menutup rapat kulit wajahmu, membuat pori tidak bisa bernapas sehingga semua kebaikan serum dapat langsung terserap.

Masker hydrogel juga dibentuk sedemikian rupa sehingga bagian dalam dan luar masker terlihat jelas berbeda. Jadi, kamu gak usah khawatir salah pakai masker. Sayangnya, hydrogel mengandung bahan kimia yang bisa memberi efek samping bagi kulit sensitif.

  1. Bio-Cellulose

Bicara soal sheet mask terobosan baru, inilah jenis masker yang sedang laris saat ini. Masker bio-cellulose dibuat dari bahan serupa tipe non-woven namun dari microbial cellulose, bukan selulosa berbahan dasar tumbuhan. Hasilnya, masker ini melekat jauh lebih baik dibanding masker berbahan katun dengan keunggulan seperti hydrogel.

Masker bio-cellulose miliki sistem penyerapan yang sangat baik. Bahan ini juga tidak berongga sehingga cairan serum di dalam kemasan dapat menyerap sempurna sehingga tidak ada yang terbuang. Masker bio-cellulose sangat tipis namun tetap kuat, membuat kulit wajahmu tetap merasa nyaman. Meski masker ini terhitung paling mahal dibanding yang lain, manfaat yang diberikan juga jauh lebih banyak.

Memilih masker sheet mask memang bisa jadi godaan tersendiri. Pastikan kamu membeli masker ini karena memang formula dan manfaatnya yang dibutuhkan untuk kulitmu, ya.