Jangan Sampai Kurang Asupannya, Ini 6 Manfaat Vitamin A bagi Kesehatan

Manfaat Vitamin A bagi KesehatanAda begitu banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap bisa terjaga kesehatannya, salah satunya adalah vitamin A. Vitamin A lebih banyak dikenal untuk menjaga kesehatan mata, namun lebih dari itu, ada banyak manfaat vitamin A bagi tubuh secara keseluruhan. Daripada penasaran, lebih baik simak langsung saja manfaat dari pengonsumsian vitamin A bagi kesehatan tubuh berikut ini.

  1. Menjaga Kesehatan Mata dan Kualitas Penglihatan

Manfaat utama dari vitamin A yang sangat penting untuk diulas tentu saja untuk menjaga kesehatan mata atau kualitas penglihatan. Vitamin A dibutuhkan untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal elektrik, untuk kemudian dikirimkan ke otak. Dengan mencukupi asupan vitamin A, Anda pun bisa terhindar dari risiko rabun senja.

Pada beberapa gejala rabun senja yang muncul, ditemukan bahwa salah satunya adalah kurangnya asupan vitamin A. Dengan mengonsumsi vitamin A secara rutin, rabun senja yang diderita bisa diperlambat perkembangannya. Tak hanya itu saja, asupan vitamin A yang cukup juga bisa memperlambat menurunnya kualitas penglihatan akibat pertambahan usia.

  1. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Munculnya sel kanker, disebabkan karena berkembangnya sel secara abnormal, kemudian tak bisa dikontrol pertumbuhannya. Berhubung vitamin A memegang peranan penting dalam pembentukan dan perkembangan sel, vitamin A dianggap berpengaruh pada risiko tumbuhnya sel kanker. Pada salah satu penelitian menunjukkan bahwa, asupan vitamin A yang tinggi bisa mengurangi risiko kanker.

Risiko kanker yang bisa dikurangi oleh pengonsumsian vitamin A ini memang tak untuk semua jenisnya. Kanker yang dianggap bisa kurang risiko munculnya dengan mengonsumsi vitamin A dalam bentuk beta karoten adalah kanker paru, kanker perut, dan kanker rahim. Merujuk dari hasil penelitian ini, tentu sangat disarankan bagi Anda untuk mencukupi asupan vitamin A.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika ingin imunitas tubuh Anda meningkat, cukupilah kebutuhan vitamin A setiap harinya. Vitamin A bertugas untuk memproduksi sel darah putih, yang akan melawan dan membasmi bakteri dan patogen lainnya dari aliran darah dalam tubuh Anda. Jika tubuh kekurangan vitamin A, maka produksi sel darah putih melambat, sehingga mengakibatkan tubuh rentan diserang bakteri.

  1. Mengurangi Risiko Tumbuhnya Jerawat

Siapa sih yang tak sebal saat kulitnya yang mulus ditumbuhi jerawat? Saat jerawat muncul, bisa berarti itu pertanda tubuh Ada kekurangan asupan vitamin A. Mengapa demikian? Alasannya karena kadar vitamin A yang kurang di dalam tubuh, mengakibatkan terjadinya produksi keratin berlebihan di folikel, sehingga risiko terbentuknya jerawat pun mengalami peningkatan.

  1. Memperkuat Tulang

Selain vitamin D, vitamin A juga dibutuhkan untuk memperkuat tulang, loh! Dengan asupan vitamin A yang cukup, maka pertumbuhan dan perkembangan tulang bisa jadi optimal. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan vitamin A, maka bisa memperburuk kondisi tulang. Orang yang kekurangan vitamin A, berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang dibanding dengan yang asupannya cukup.

  1. Antioksidan bagi Tubuh

Vitamin A juga memiliki fungsi sebagai anti oksidan bagi tubuh. Antioksidan merupakan molekul yang akan melindungi tubuh dari penyakit. Tubuh Anda akan bisa terlindungi dari paparan radikal bebas, yang merupakan pemicu utama dari munculnya sel kanker. Tak hanya itu saja, antioksidan juga akan mencegah terjadinya penuaan dini pada sel dalam tubuh Anda.

Manfaat vitamin A tak serta merta hanya sekadar untuk kesehatan mata saja. Dengan tercukupinya asupan vitamin A di dalam tubuh, maka akan berefek baik pada setiap organ dalam tubuh. Kekebalan tubuh bisa jadi meningkat, serta risiko tubuh terpapar penyakit pun bisa berkurang. Cukupi kebutuhan vitamin A harian Anda, dengan mengonsumsi makanan kaya gizi.