Ingin Memulai Bisnis Online? Kenali Kendala dan Solusi Berikut Ini

Bisnis online seperti namanya tentu sangat berbeda dengan bisnis lainnya yang memiliki toko offline. Di zaman internet seperti saat ini bisnis online memang terdengar menggiurkan terutama karena membutuhkan modal yang lebih sedikit daripada bisnis biasanya. Ditambah lagi, dengan menggunakan gadget sehari – hari dan pengetahuan teknologi yang mumpuni, bisnis online pun bisa mulai dipertimbangkan untuk dimulai. Namun demikian, dalam pelaksanaannya tentu saja tidak semudah itu.

Sama halnya dengan bisnis offline, menjalankan bisnis online pun perlu perjuangan dan pasti akan menghadapi berbagai hambatan. Terlebih lagi, dalam bisnis online jarang sekali pembeli dan penjual bertatap muka langsung karena proses pembelian hanya melewati jejaring sosial meski kini telah banyak dilakukan Cash On Delivery (COD) yang mengizinkan pembeli membayar dan mendapatkan produk bisnis dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan.

Penipuan

Dibalik kelebihan bisnis online yang banyak membuat para pelaku bisnis tergiur terjun ke bisnis ini, perlu pula mempertimbangkan banyak faktor. Berikut beberapa kendala serta solusi agar menjalankan bisnis online bisa lebih lancar.

1.       Penipuan

Kendala pertama yang mengincar para pelaku bisnis online ialah praktek penipuan. Media internet sendiri kadangkala menjadi lahan subur bagi para oknum penipu khususnya para korban yang kurang berhati – hati. Masalah kepercayaan menjadi hal utama yang terus dibahas dalam berbisnis online, baik dari pihak penjual maupun pembeli.

Solusi untuk masalah ini, para pelaku bisnis perlu meyakinkan calon konsumen mereka dengan memberikan informasi sedetail mungkin misalnya tentang produk bisnisnya, kontak yang bisa dihubungi, alamat bisnis, serta testimoni para pembeli yang puas dengan demikian calon konsumen bisa lebih tenang ketika memutuskan untuk berbelanja.

2.       Persaingan yang Ketat

Persaingan yang Ketat

Semakin berkembangnya kecanggihan teknologi, pesaing bisnis di media digital juga akan semakin banyak. Persaingan bisnis yang timbul dapat menjadi salah satu kendala dalam menjalankan bisnis online terutama jika Anda tidak rajin berinovasi pada produk bisnis.

Solusinya, tentu saja lakukan peningkatan pada produk bisnis baik dalam kualitas hingga segi keunikan produk. Pelaksanaan marketing digital pun penting dilakukan dalam menyikapi persaingan bisnis misalnya dengan mengoptimalkan SEO, membuat iklan, serta mengadakan promosi untuk menarik banyak konsumen.

3.       Akses Internet

Akses Internet

Memulai bisnis online, sesuai namanya, tentu saja sangatlah bergantung dengan kelancaran akses internet yang diperoleh. Jaringan internet yang jelek akan mengganggu produktivitas penjualan karena marketing dan transaksi serta semuanya elemen hampir membutuhkan akses internet. Pebisnis di kota – kota besar mungkin jarang menemui hambatan tersebut, akan tetapi, di luar daerah kota bisa saja menjadi kendala tersendiri terhadap bisnis online yang dijalankan. Untuk itulah, solusinya ada pada provider internet yang dipilih. Usahakan berlangganan yang menjangkau daerah Anda dan memiliki kecepatan akses yang mumpuni.

Demikianlah beberapa kendala dan solusi yang bisa ditemui dalam menjalankan bisnis online. Apabila Anda ingin bisnis online lebih lancar, dapat memilih SEO agency Indonesia drife.co.id sebagai partner bisnis. SEO agency Indonesia drife.co.id terpercaya dan produknya bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda, misalnya ingin website lebih interaktif bisa dengan produk SEO agency Indonesia drife.co.id yakni Digital & Product Development. Percayakan kepada drife.co.id sebagai SEO agency indonesia terpercaya dalam membantu pemasaran secara digital.