Herpes Genital, Bukan Penyakit Kelamin Sepele

Herpes Genital, Bukan Penyakit Kelamin SepeleApa sih herpes genital itu? Tidak banyak orang tahu tentang istilah ini meskipun sebenarnya masyarakat tahu secara langsung dengan penyakit ini. Gejala umum herpes genital adalah timbul bentol-bentol yang mengandung air yang muncul di area kelamin, mulut, bahkan anus. Seperti dugaan banyak orang, benar memang penyakit ini disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak wajar seperti gonta-ganti pasangan, oral seks, dan anal seks. Intinya adalah kontak fisik secara seksuallah penyebab utamanya.

Kondisi itu virus herpes simplex mudah menjangkiti. Virus itu ada dua jenis yaitu herpes tipe 1 (HSV 1) dan 2 (HSV 2). HSV 1 dapat diamati kemunculannya di bentol air di daerah mulut. Maka dari itu, jenis ini juga sering disebut herpes oral karena menulari bagian mulut. Sedangkan HSV 2, adalah yang biasa disebut sebagai herpes genital. Hal itu dikarenkan penyakit ini menulari daerah kelamin.  Berikut adalah penjelasan lebih mendalam tentang herpes genital.

  1. Siapapun Bisa Terserang

gejala umum herpes genital ini adalah timbul gatal yang hebat didaerah mulut maupun kelamin. siapapun dapat terserang. muda atau tua, laki-laki atau perempuan berpotensi mengalami penyakit berbahaya ini. namun, dalam banyak kasus, wanita lebih beresiko terserang dari pada laki-laki. apalagi jika aktif berhubungan seksual, akan meningkatkan resiko terkena penyakit. bahkan seorang ibu yang sedal hamil pun dapat membuat bayi dalam kandungan ikut tertular. salah satu cara terbaik untuk menjauhi penyakit ini adalah dengan cara mencegah hal-hal yang dapat membuat tertular seperti yang telah dsebutkan di atas. yaitu hindari oral seks, hindari anal seks, dan hindarai gonta-ganti pasangan. selai itu selalu berdiskusilah dengan dokter setiap saat.

  1. Pahami Gejalanya

Gejala herpes genital mudah diamati. Dilansir dari hellosehat.com, gejala tersebut adalah nyeri saat buang air, timbul pembengkakan kalenjar di selangkangan, sakit kepala, timbul koreng, benjolan kecil berwarna merah, dan pastinya gatal yang sangat menyiksa. Gejala ini dapat bertahan hingga bertahun-tahun jika tidak ditindak secara serius meskipun dalam beberapa kasus penyakit ini hilang dengan sendirinya. Namun bukan berarti abai, tetap saja harus ditangani dengan tepat dengan berkonsultasi ke dokter. Karena dengan hanya mengobati menggunakan obat yang tersedia di apotek tidak menjamin penyakit dapat diatasi.

  1. Lakukan Pengobatan Serius

Pengobatan dengan resep dokter adalah langkah yang tepat untuk mengatasi gejala umum herpes genital. Menyembuhkan herpes genital tidak bisa dengan sembarang obat, apalagi hanya dengan obat gatal biasa. Pergilah ke dokter dan tanyakan pengobatan yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan obat antivirus untuk menghilangkan gejala. Dengan obat tersebut akan mengurangi resiko penularan pada orang, tidak cepat kambuh, bahkan membuat penderitanya sembuh total. Obat yang biasa digunakan adalah famciclovir atau valacyclovir. Bahkan pada kondisi hamil juga rentan menular ke bayi. Jadi kamu juga perlu untuk mengonkosultasikan kepada dokter agar dapat mencegah penularannya. Dalam beberapa kasus, dokter menganjurkan operasi caesar dalam proses persalinan bayi. Karena jika melalui vagina, berbahaya bagi bayi.