Cara Memberikan MPASI Pertama yang Tepat agar Bayi Tumbuh Sehat

Cara Memberikan MPASI Pertama yang Tepat agar Bayi Tumbuh Sehat

Saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan, biasanya mereka akan diperkenalkan dengan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Pemberian MPASI ini bertujuan untuk melatih bayi beradaptasi dengan makanan-makanan selain ASI hingga bisa lepas dari ASI sepenuhnya. Jika para orang tua masih cukup bingung tentang cara memberikan MPASI pertama, maka penjelasan berikut ini bisa dijadikan sumber referensi.

Pentingnya Pemberian MPASI di Usia 6 Bulan

Saat baru lahir hingga usia 6 bulan, bayi memang sangat disarankan untuk mendapatkan ASI eksklusif terlebih dahulu. Setelah itu, bayi perlu diberikan MPASI secara bertahap. Biasanya MPASI akan terus diberikan hingga anak menginjak usia 2 tahun atau 24 bulan. Alasan kenapa bayi harus mendapatkan MPASI mulai usia 6 bulan adalah karena gizi hariannya semakin meningkat sedangkan ASI tidak mampu untuk mencukupinya.

MPASI ini berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tersebut. Selain itu, pemberian MPASI juga akan melatih bayi untuk memproses makanan dan melatih otot di mulut. Sedikit-demi sedikit, bayi akan belajar dan terlatih mengonsumsi makanan dengan tekstur yang lebih padat. Jika hal ini dilakukan terlambat atau terlalu cepat, bayi akan berpotensi memiliki beberapa keluhan kesehatan.

Dampak MPASI yang Terlalu Cepat dan Lambat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemberian MPASI yang terlalu cepat akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan anak. Beberapa hal yang mungkin akan dialami jika memberikan MPASI terlalu cepat antara lain tersedak karena sistem motoriknya belum siap, muncul gangguan pencernaan, dan alergi.

Terlambat dalam memberikan MPASI juga tidak baik. Beberapa risiko yang mungkin akan terjadi jika bayi terlambat mendapatkan MPASI adalah gangguan pertumbuhan. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi yang berasal dari ASI tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian bayi. Selain itu, bayi juga akan menolak MPASI karena tidak terbiasa dengan teksturnya.

Cara Memberikan MPASI dengan Tepat

  1. Tepat waktu

Pemberian MPASI harus benar-benar tepat waktu. Namun, beberapa faktor lain juga harus diperhitungkan karena mungkin akan membuat waktunya sedikit bergeser. Untuk itu, alangkah lebih baik jika terus berkonsultasi dengan dokter apakah anak sudah siap untuk mendapatkan MPASI.

  1. Memberikan secara responsif

Maksud dari memberikan secara responsif adalah Anda harus tahu dan paham dalam membaca situasi bayi, apakah dia sedang lapar atau kenyang. Ketika sudah kenyang, jangan terlalu memaksa bayi untuk memakan MPASI. Terlalu banyak memaksa justru akan membuat bayi menjadi tidak nyaman dan malah menurunkan nafsu makannya.

Jadi, memang sudah sewajarnya jika bayi harus diperkenalkan dengan MPASI agar ke depannya ia bisa beradaptasi dengan bentuk sumber nutrisi yang berbeda. Mungkin pada tahap-tahap awal bayi akan sedikit sulit untuk menerima. Namun, lama-kelamaan disertai dengan usaha orang tua, masalah tersebut akan segera bisa teratasi.