Anda Ingin Membeli Rumah Di Jakarta? Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Membelinya

Anda Ingin Membeli Rumah Di JakartaJakarta merupakan salah satu daerah yang banyak didiami oleh masyarakat Indonesia. sebagai Ibu Kota, tentunya daerah ini menjadi pusat segala kegiatan yang ada. Mulai dari pusat pemerintahan, pusat pebisnisan, pusat perindustrian, pusat pembangunan, pusat perbelanjaan, pusat wisata, pusat hiburan, pusat kuliner dan juga sampai pada pusat penyediaan taman bermain.

Mengapa Harus Membeli Rumah di Jakarta?

Jakarta adalah daerah Metropolitan di Indonesia. Sebagai daerah yang begitu besar dan maju, daerah ini menjadi pilihan orang banyak untuk tinggal di sana. Ada beberapa alasan yang membuat sebagian banyak orang tertarik untuk membuat atau beli rumah di Jakarta. Alasan tersebut biasanya muncul disebabkan karena Jakarta merupakan suatu daerah yang sempurna dalam segala bidang apapun. Tidak dapat dipungkuri bahwa setiap orang tentunya mencari posisi tempat tinggal mereka sesuai dengan peluang kerja yang ada. Oleh sebab itu, Jakarta banyak diburu oleh orang-orang untuk melangsungkan bisnis yang mereka miliki.

Banyaknya jumlah penduduk di Jakarta tentunya akan memberikan peluang besar bagi para pekerja untuk memperoleh kesuksesan. Tidak heran, jika daerah yang satu ini sering dijadikan sebagai aset pembangunan perusahaan. Bukan hanya sebatas itu saja, untuk masyarakat kecil juga akan meraup keuntungan dari banyaknya jumlah penduduk tersebut.

Ada beberapa keuntungan jika membeli rumah di Jakarta, berikut keuntungan tersebut:

  1. Bidang perekonomian

Masalah ekonomi merupakan masalah kebutuhan hidup manusia. Untuk memenuhi keutuhan ini, maka salah satu cara yang harus dilakukan oleh manusia tersebut ialah untuk mengolah dan mengaturnya dengan bekerja. Sebagai salah satu daerah dengan perekonomian yang baik, Jakarta memberikan peluang besar untuk membuka usaha-usaha kecil hingga besar. Pekerjaan ini dapat berupa pembukaan toko pakaian dan makanan.

  1. Bidang pebisnisan

Sudah tidak diragukan lagi, Jakarta adalah pusat penanaman modal terbesar di Indonesia. sebagai pusat perindustrian, Jakarta sangat terkenal dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi sebagai suatu perusahaan besar. Keberadaannya yang terletak sebagai pusat negara, memberikan kemudahan dalam mengolah dan mengatur dalam hal pebisnisan.

  1. Bidang pemerintahan

Jakarta adalah pusat pemerintahan Indonesia, sehingga banyak yang bekerja menjadi tenaga kerja pemerintahan di kota ini. Nah, jika Anda berkecimpung dalam dunia perkantoran, maka tidak ada alasan untuk tidak membeli rumah dan tinggal di Jakarta bukan?

  1. Bidang pariwisata

Salah satu tempat yang menyediakan banyak tempat pariwisata ialah Jakarta. Oleh sebab itu, jangan ragu dan bimbang untuk tinggal di sana. Dengan membangun atau membeli rumah di daerah ini, maka Anda dapat membuka bisnis penginapan atau membuka hotel untuk para wisatawan yang berlibur ke kota Jakarta tersebut.

  1. Bidang hiburan

Sebagai kota hiburan, Jakarta telah membuka banyak bangunan khusus untuk penyediaan berbagai macam hiburan. Mulai dari hiburan permainan untuk anak-anak hingga untuk orang dewasa seperti karaoke, bioskop, tempat sirkus, cafe dan bahkan ada juga lokasi pasar malam.

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah di Jakarta

Kota Jakarta memang merupakan tempat tinggal yang diinginkan oleh kebanyakan orang. Namun jika Anda sudah memiliki keinginan untuk membeli rumah di Jakarta, maka ada 7 hal yang harus Anda pahami dan pelajari sebelum Anda membelinya. Berikut 7 hal tersebut:

  1. Ketahui terlebih dahulu model rumah yang Anda butuhkan.

Sebelum membeli rumah, hal yang paling utama Anda pahami ialah model rumah seperti apa yang Anda butuhkan. Seperti menyesuaikan rumah dengan jumlah kamar yang dibutuhkan, ketersediaan garasi kendaraan, luas halaman rumah dan perkaranagan yang dinginkan dan lain sebagainya.

  1. Pantau letak lokasi rumah dan kemudahan jalur akses

Keberadaan lokasi rumah tentunya hal yang sangat penting. Letak rumah yang berada di pusat kota akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk memperoleh beberapa jalur akses. Dan jika memilih lokasi rumah yang terletak di pinggiran akan memberikan kesulitan jalur akses Anda untuk pergi menuju suatu tempat.

  1. Periksa lingkungan

Kondisi lingkungan juga menjadi bagian penting yang berpengaruh dalam kesehatan Anda dan keluarga. Oleh sebab itu, pastikan daerah rumah yang akan Anda beli terbebas dari bahaya banjir, longsor, perampokan, pencurian, dan tindakan perbuatan buruk lainnya.

  1. Pelajari spesifikasi material

Untuk menjamin kenyamanan Anda tinggal di rumah tersebut, maka tanyakan pada si pemilik rumah mengenai jenis bangunan rumah dan material penyusun rumah tersebut pula. Untuk lebih aman, rumah beton lebih kokoh dibandingkan dengan rumah kayu.

  1. Lihatlah desain rumah secara keseluruhan

Untuk mengetahui spesifikasi rumah secara keseluruhan, maka ada baiknya jika Anda melihat desain rumah tersebut secara nyata. Seperti yang diketahui, selera orang tentunya berbeda-beda, oleh sebab itu lihatlah rumah tersebut  untuk menentukan kecocokan dengan keinginan Anda.

  1. Kenali kesehatan rumah

Rumah yang bersih sangat diidamkan oleh setiap orang. Sebab hal yang paling utama bagi penghuni rumah ialah memiliki kenyamanan di dalamnya. Sebelum membeli rumah, perhatikan kondisi sanitasi pembuangan, wc, septic tank, dan juga ketersediaan ventilasi pada setiap kamar. Selain itu ketersediaan jendela pada setiap kamar juga perlu Anda perhatikan, sebab hal ini sangat berpengaruh terhadap kondisi kamar Anda agar tidak terlalu pengap.

  1. Bijaklah dalam melakukan penawaran harga

Biasanya, sistem bursa jual beli rumah di Jakarta itu difasilitasi oleh orang lain. Sehingga harga yang ditawarkan akan lebih besar dari pada harga sebenarnya. Oleh sebab itu, sebelum melakukan transaksi jual beli, ada baiknya jika Anda berhubungan langsung dengan pemilik asli rumah tersebut. Selain itu, untuk mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal, maka Anda perlu mengetahui pasaran harga penjualan rumah di Jakarta biasanya.

Demikianlah beberapa informasi yang tersajikan untuk Anda mengenai hal-hal yang perlu diketahui sebelum membeli rumah di Jakarta, semoga bermanfaat.