6 Tips Pilih Colocation Server untuk Corporate

Colocation Server untuk Corporate

Modern ini, layanan penyimpanan data sudah banyak ditawarkan. Hal ini berkaitan dengan pentingnya penyimpanan data agar bisa tersimpan aman dan bisa diakses kapan saja. Banyak jasa colocation server menawarkan paket penyimpanan data dan salah satu yang kami rekomendasikan adalah layanan dari lintasarta berikut http://www.lintasarta.net/Product/Data-Center. Paket ini sangat pas untuk corporate dalam mengamankan data pentingnya yang besar. Inilah tips pilih jasa yang tepat.

  1. Menentukan Kebutuhan dan Range Dana

Sebuah perusahaan pasti mempunyai banyak data penting yang harus disimpan dengan aman agar bisa diakses kapan pun dan tidak jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Karenanya, penyimpanan data harus diperhatikan dengan baik. Jasa penyimpanan data bisa dipilih untuk menjamin keamanan dan keutuhan data.

Untuk itu, Anda harus memilih pihak jasa terbaik. Caranya adalah dengan memilih pihak jasa yang menyediakan layanan sesuai kebutuhan. Sebelum memilih pihak jasa, tentukan kebutuhan serta range dana yang disanggupi. Kebutuhan ini terkait kapasitas data yang akan disimpan. Setelah itu, tentukan range dana sesuai kemampuan finansial per bulan.

  1. Mencari Referensi Sebanyak Mungkin

Setelah mengetahui dengan pasti berapa banyak data yang akan disimpan dan berapa range dana yang disanggupi, Anda bisa langsung mencari referensi. Carilah referensi sebanyak mungkin agar mendapatkan lebih banyak info terkait pihak jasa yang sesuai dengan kebutuhan.

Usahakan mencari layanan yang benar-benar sesuai kebutuhan dan harganya sesuai range dana yang sudah ditentukan sebelumnya. Anda bisa mencari info di internet, mencari rekomendasi dari orang terdekat, atau mengikuti forum di media sosial. Dengan berbagai cara tersebut, semakin besarlah peluang Anda mendapatkan pihak jasa sesuai kebutuhan.

  1. Memilih Beberapa Alternatif Colocation Terpercaya

Setelah mencari dan mendapatkan referensi mengenai jasa penyimpanan server sesuai kebutuhan, pilihlah beberapa pihak jasa yang memang terpercaya. Beberapa pilihan ini selanjutnya akan dipertimbangkan lagi untuk mendapatkan pihak jasa yang paling sesuai.

Anda dapat mempelajari profil penyedia layanan tersebut dengan detail agar mengetahui tingkat kredibilitas pihak jasa. Indikator untuk meihatnya adalah dari standard yang dimiliki, track record pelayanan, testimoni pelanggan, dan kelengkapan layanan. Setelah menemukan data tersebut, pilihlah pihak jasa colocation yang terpercaya di antara yang sesuai kebutuhan.

  1. Mempertimbangkan Pengelolaan dan Lokasi

Tips berikutnya adalah mempertimbangkan pengelolaan dan lokasi jasa penyimpanan data agar tetap aman dan utuh. Hal ini harus diperhatikan karena pasti kontrak sewa penyimpanan akan berjalan dalam kurun waktu lama. Pengelolaan dan lokasi tersebut harus dipastikan sesuai prosedur yang berlaku.

Pilihlah pihak jasa yang memenuhi standard penyimpanan data, yaitu memenuhi syarat sipil, arsitektur, geologi, vulkanologi, dan lainnya. Selebihnya, pihak jasa tersebut juga harus memenuhi standard prosedur pembangunan, prosedur operasi, dan prosedur perawatan atau maintenance yang harus dilakukan secara berkala.

  1. Mengutamakan Efisiensi Storage

Setelah memastikan beberapa pihak jasa tersebut mempunyai pengelolaan dan lokasi yang memenuhi syarat, pertimbangkan lagi efisiensi storage. Anda harus mengutamakan efisiensi dalam penyimpanan data, sehingga bisa mengoptimalkan pemakaian biaya untuk mendapatkan produktivitas optimal.

Infrastruktur storage yang digunakan harus bisa menghemat energi, sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, serta mempunyai mekanisme perawatan dan perbaikan yang efisien. Hal ini sangat penting untuk diutamakan terkait dengan biaya yang harus dikeluarkan.

  1. Memperhatikan Keamanan Data

Keamanan data harus dipertimbangan dengan baik karena sangat terkait dengan data penting perusahaan yang sifatnya rahasia. Keamanan penyimpanan data juga terkait dengan keutuhan data. Karenanya, Anda harus memilih pihak jasa yang mempunyai pengamanan lengkap, yaitu dari segi fisik dan sistem.

Melalui tips tersebut, Anda akan menemukan colocation server yang sesuai dalam mengamankan data bisnis. Semua data penting bisa disimpan dengan pengelolaan yang aman. Pihak jasa yang sudah berpengalaman bisa jadi referensi terbaik. Lintasarta tepat menjadi pilihan karena sudah banyak direkomendasikan dengan jasa penyimpanan data handal.