Tips Pemberian Bubur yang Benar agar Bayi Sehat

ASI memang sumber gizi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh bayi. Namun, ketika usianya menginjak 6 bulan, sudah seharusnya ia diberikan nutrisi/makanan pendamping ASI yang biasanya disingkat dengan MPASI yang tak lain adalah bubur. Pemberian bubur pada bayi ini merupakan hal yang gampang-gampang susah.

Pasalnya orang tua tidak bisa memberi sembarang makanan untuk bayinya. Hal tersebut tentu akan berdampak tidak baik pada kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua khususnya sang ibu untuk mengetahui tips pemberian bubur yang benar berikut ini.

  1. Ketahui Kapan Seharusnya Bayi Diberikan Bubur

Hal pertama yang harus orang tua lakukan adalah memberikan MPASI pada waktu yang tepat. Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, bayi hanya boleh diberikan bubur ketika memasuki usia enam bulan. Hal ini dikarenakan ASI tidak lagi bisa mencukupi kebutuhan gizinya di usia tersebut.

  1. Ketahui Tahapan Pemberian Bubur

Pemberian makanan pendamping ini harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan tingkat usia si bayi. Anda tentu tidak bisa langsung memberikan bayi makanan padat yang keras di usia 6 bulannya. Sebaliknya, mulailah memberikannya bubur yang benar-benar lunak bahkan cair seperti bubur susu atau biskuit.

Berikanlah bubur dalam jumlah yang sedikit, dan tambah kekentalan dan jumlahnya secara bertahap. Selanjutnya, kenalkan ia dengan buah-buahan. Kemudian, ketika umurnya menginjak 7 bulan, Anda sudah bisa mulai memberinya bubur saring. Kenalkanlah segala macam bubur dan buah-buahan yang Anda pilih secara bertahap.

  1. Berikan Bubur Bayi Sehat

Setelah mengetahui waktu tepat pemberian bubur serta tahapan pemberiannya, Anda juga harus memperhatikan pemilihan bubur. Anda tentu harus memilih bubur bayi yang sehat. Bubur bayi sehat ditandai dengan kandungan gizi yang seimbang serta bersih dan higienis. Anda harus memperhatikan dua hal penting tersebut. Jika Anda memilih bubur bayi kemasan, perhatikan baik-baik kandungan gizinya. Jika Anda memilih membuat bubur bayi sehat sendiri, pastikan Anda menjaga kebersihan bahan makanan dan cara pengolahannya.

Cerelac Bubur Bayi Dari Nestle

  1. Buat Jadwal Makan Bayi yang Benar

Anda juga harus mempertibangkan jadwal pemberian makan pada bayi seperti kapan seharusnya ia diberikan ASI dan kapan ia harus diberikan bubur susu. Berikut kami berikan contoh jadwal makan bayi usia 6 bulan yang ideal dan sesuai kebutuhannya.

  • Berikan ASI di jam 06.00-07.00
  • Berikan bubur susu di jam 09.00
  • Berikan buah di jam 11.00-12.00
  • Berikan bubur susu di jam 14.00
  • Berikan buah atau biskuit yang dicampur dengan susu di jam 17.00
  • Berikan ASI di jam 18.00
  1. Ketahui Kesalahan Umum dalam Pemberian Bubur

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui kesalahan umum dalam pemberian bubur pada bayi agar dapat menghindarinya. Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua adalah pemberian bubur yang kurang higienis, tekstur yang kurang sesuai, ketidakseimbangan nutrisi, salah dalam memperkenalkan makanan dan pemilihan bahan makanan. Sebaliknya, Anda bisa lebih mengedukasi diri Anda dengan mengunjungi website yang menyajikan informasi seputar nutrisi perkembangan bayi seperti www.awalsehat.nestle.co.id.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, maka bayi Anda akan tumbuh sehat dan berkembang sempurna. Bayi tentu tidak bisa mengatur asupannya sendiri, orang tualah yang memegang kontrol penuh pada tumbuh kembangnya. So, be smart parents! Semoga bermanfaat.

Recent Tag:

  • bubur bayi yang bagus