Tips Mudah Mengelola Keuangan Jangka Panjang untuk Anak Muda

Tips Mudah Mengelola Keuangan Jangka Panjang untuk Anak Muda

Pinjaman uang seringkali menjadi solusi terakhir bagi banyak orang untuk lepas dari kesulitan finansial. Meski hal tersebut bukan sesuatu yang salah maka tidak ada salahnya untuk melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Seperti melakukan investasi reksadana contohnya. Khusus untuk anak muda berikut ini ada tips mudah mengelola keuangan jangka panjang.

  1. Menabung di Awal Menerima Gaji

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menabung di awal menerima gaji. Soalnya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa masih banyak anak muda yang menghamburkan gajinya. Dengan menabung di awal menerima gaji maka Anda menghindari kemungkinan gaji habis terlebih dulu sebelum sempat menabung.

Caranya adalah dengan memotong 10 -15% gaji keseluruhan Anda pada tabungan. Bahkan kalau perlu, Anda memiliki tabungan khusus untuk menerima potongan awal gaji tiap bulannya ini. Tabungan khusus ini sendiri berguna untuk berbagai rencana jangka panjang. Mulai dari membeli rumah bahkan juga bisa untuk biaya pernikahan.

  1. Mulai Siapkan Kebutuhan Pensiun

Salah satu kesalahan paling fatal dari banyak anak muda adalah enggan untuk memikirkan kebutuhan pensiun sejak dini. Padahal dengan memikirkan kebutuhan pensiun sejak dini maka beban yang nantinya bakal ditanggung tidak terlalu berat. Untuk itulah, pentingnya memulai menyiapkan kebutuhan pensiun sejak dini.

Hal ini sesuai dengan prinsip time value of money yang membuat Anda mesti menyiapkan segala sesuatu jauh-jauh hari. Untuk kebutuhan pensiun sendiri, bisa Anda sisihkan dari pendapatan tiap bulannya atau melakukan investasi pada barang tertentu.

  1. Mulailah Melakukan Investasi

Investasi juga bisa dijadikan penyelamat keuangan Anda di jangka panjang. Soalnya apabila investasi ini dilakukan dengan tepat maka nilainya akan berkembang dengan seiring waktu. Tentu hal ini akan sangat berguna untuk menambah pendapatan di waktu mendatang bahkan juga menyelamatkan masa pensiun Anda.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi para anak muda untuk tidak melakukan investasi. Pilihan investasi sendiri bisa disesuaikan dengan selera hingga pendapatan tiap bulan yang Anda dapatkan. Biasanya tipe investasi sendiri disesuaikan dengan model konservatif, moderat hingga agresif. Untuk itulah, pentingnya bagi Anda untuk mengetahui detail pendapatan Anda.

  1. Buat Alokasi Anggaran

Tips terakhir adalah dengan membuat alokasi anggaran. Bisa dibilang, tips ini akan memayungi tiga tips di atas dalam satu kebutuhan yang sama. Alokasi anggaran ini bisa berupa pembagian pendapatan dalam beberapa kebutuhan penting. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, tabungan, investasi hingga pengeluaran tidak terduga.

Melakukan pinjaman uang memang tidak ada salahnya bahkan seringkali membantu. Namun sebagai anak muda tentu wajib bagi Anda untuk mampu mengatur keuangan untuk jangka panjang. Selain tips di atas melakukan investasi reksadana juga bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik.