Tips Memindahkan Piano dengan Aman Agar Tidak Rusak dan Lecet

Piano adalah furniture rumah yang memiliki ukuran cukup besar. Untuk memindahkan barang tersebut Anda memerlukan sedikitnya 5 hingga 6 orang untuk memindahkannya. Dalam memindahkannya pun tidak sembarang orang. Haruslah orang yang cukup berpengalaman dan memiliki badan yang cukup kuat untuk mengangkat benda-benda yang berat.

Terlebih lagi jika Anda ingin memindahkan benda berat dan berharga seperti piano. Beberapa kesalahan baik dalam cara peletakan hingga cara mengangkat piano dapat berakibat fatal bahkan dapat merusak piano tersebut. Mulai dari nada yang tidak sesuai hingga terjadi adanya goresan pada badan piano. Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini saat akan memindahkan piano Anda supaya Aman.

Cara Memindahkan Piano dengan Aman

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengikat hammerheads pada piano menggunakan kayu gepeng kecil. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari bergerak dan bergoyangnya hammerheads. Bergeraknya hammerheads pada piano dapat mengakibatkan bergesernya nada bahkan perubahan nada pada piano. Sehingga pastikan saat Anda menyentuh tuts, tidak terdapat suatu suara hal tersebut membuktikan bahwa hammerheads telah terikat dengan rapi.

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan yaitu cara yang benar untuk memindahkan piano akustik. Beberapa piano akustik didesain memiliki roda pada bagian kaki. Meskipun memiliki roda, pastikan Anda tidak mendorongnya. Karena dapat menyebabkan bergesernya pen pengikat senar yang ada pada piano sehingga menjadi kendur. Pen yang kendur dapat menyebabkan nada menjadi fals saat dimainkan. Sehingga Anda memerlukan orang yang berpengalaman untuk memindahkan piano.

Tips Memindahkan Piano

Selain itu roda pada piano yang baru biasanya belum tentu bisa berfungsi dengan baik. Sehingga jika Anda tidak memperhatikan tekanan Anda dalam mendorong piano dapat mengakibatkan retakan pada body piano. Pastikan setelah Anda memindahkan piano diruangan lain, Anda harus menyetel ulang piano tersebut supaya tidak fals dan menghasilkan suara dengan nada yang tepat. Untuk menyetel ulang atau tunning pianopun harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli sehingga tidak sembarang orang bisa menyetel ulang piano tersebut.

Memindahkan piano yang besar berkaki 3 seperti grand piano menjadi salah satu tantangan untuk Anda. Karena untuk memindahkannya dibutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian pada bidang tersebut sehingga tidak boleh sembarangan dalam memindahkan grand piano. Grand piano memiliki fitur yang lebih banyak dibanding dengan piano model lainnya seperi upright atau baby grand piano.

Baby grand piano dan upright piano memiliki bobot yang cukup ringan dibanding dengan grand piano yang umumnya memiliki bobot hingga 300-400 kg. Sehingga dibutuhkan beberapa orang untuk mengangkatnya. Untuk memindahkannya, Anda memerlukan trolley khusus sehingga bisa dipindahkan dengan aman. Anda juga bisa menyewa jasa pemindahan barang seperti piano yang sudah ahli sehingga piano Anda bisa diangkat dan dipindahkan dengan aman.

Sumber: http://petrofpianogaleri.com/