Tips Membersihkan Hidung Dan Telinga Bayi

Tips Membersihkan Hidung Dan Telinga Bayi

Melakukan perawatan bayi yang baru lahir kebanyak mengatakan bahwa sangat susah, apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah tentunya akan di landa rasa kekhawatiran karena tidak bisa memberikan yang baik bagi si kecil, namun apabila anda mampu untuk mengatasi tekanan tersebut maka lambat laun anda pun akan terbiasa untuk merawat bayi yang baru lahir. Setelah bayi lahir tentunya sebagai orang tua yang baru sudah menyiapkan berbagai macam keperluan untuk si kecil agar setelah dia lahir peralatan bayi pun sudah bisa di pakai dari pada yang membeli secara mendadak. Selain itu untuk hal kebersihan bayi tentunya sangat penting sekali karena bila bersih tentunya kuman – kuman pun tidak akan masuk pada tubuh bayi. Berikut ini saya akan paparkan beberapa tips untuk membersihkan hidung dan juga telinga bayi.

1 . Membersihkan Hidung

Setiap pasangan baru yang memiliki seorang bayi tentunya sangat wajib untuk mengetahui serta melakukan perawatan bayi, salah satunya adalah membersihkan hidung si kecil. Hidung bayi tentunya sangat kecil sehingga kita harus berhati – hati untuk membersihkan hidungnya. Selain itu pada bagian dalam hidung, memiliki daya pembersih sendiri sehingga tidak perlu perawatan yang khusus, selain itu apabila terdapat cairan atau kotoran yang keluar dari hidung. Maka bersihkan bagian luar hidung. Di sisi lain bila bayi tersebut memiliki lendir yang banyak karena terkena pilek maka sedot keluar dengan cara aspirator hidung bayi yang bersih. Selain itu anda juga bisa melakukan dengan cara menutup sebelah lubang hidung lalu sedot lubang hidung sebelahnya secara bergantian.

2 . Membersihkan Telinga

Untuk yang selanjutnya adalah membersihkan telinga. Nah untuk pembersihan telinga ini terkadang sebagian ibu baru tentunya sangat bungung bagaimana caranya. Cara untuk membersihkan telinga si kecil, tidak perlu sampai pada bagian dalam telinga karena sangat berbahaya. akan tetapi anda bisa membersihkan kotoran telinga apabila kotoran tersebut sudah mencapai pintu keluar. Cara termudah untuk membersihkan kotoran telinga anda bisa menggunakan 1 tets baby oil maka kotoran pun akan keuar dengan sendirinya seelah beberapa hari kemudian.

Ada pendapat bahwa cotton buds justru membuat kotoran masuk ke dalam liang telinga. Cara yang disarankan adalah meneteskan 1 tetes baby oil ke liang telinga, dan kotoran akan keluar dengan sendirinya beberapa hari kemudian. Tak percaya bukan? Yuk kita coba.