Tes Alergi Anak Menggunakan RAST Test Untuk Mengetahui Kadar IgE Spesifik Dalam Darah

Tes Alergi Anak Menggunakan RAST Test

Alergi adalah suatu reaksi yang menyimpang dari sistem pertahanan tubuh terhadap zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Reaksi tersebut melibatkan antibodi terutama IgE (Immunoglobulin E). Apabila anda memiliki keluarga atau teman yang memiliki alergi, anda tidak perlu menjauhi mereka. Karena alergi bukanlah suatu penyakit menular seperti flu. Alergi merupakan penyakit bawaan yang tidak dapat menular ke orang-orang. Jadi anda bisa bercengkrama dan bermain dengan mereka yang mengalami alergi tanpa harus merasa was-was. Selain faktor bawaan, ada faktor lain yang menyebabkan seseorang mengalami alergi, yaitu faktor lingkungan. Kedua faktor tersebut berkaitan, karena itulah dapat menimbulkan gejala atau reaksi alergi. Namun yang menjadi faktor dominan tetaplah faktor bawaan atau genetik, hal seperti ini disebut sebagai alergi atopi. Apabila seorang anak memiliki kedua orang tua atau salah satu orang tuanya memiliki alergi, maka kemungkinan besar anak juga menderita alergi. Namun bukan berarti alergi hanya dapat menyerang orang-orang yang memiliki riwayat keluarga alergi. Karena seorang anak yang berada di keluarga tanpa riwayat alergi apapun tetap dapat mengalami alergi. Salah satu faktor lingkungan yang menyebabkan alergi adalah debu, perubahan cuaca, hewan peliharaan, makanan dan juga serbuk bunga. Faktor lingkungan yang akhirnya memicu alergi tersebut dinamakan sebagai alergen. Untuk mengetahui apa yang menjadi alergen dan menyebabkan alergi pada anak anda, anda bisa mengetahuinya dengan melakukan tes alergi anak. Tes alergi sangatlah mudah dan hasilnya juga sangat akurat.

Salah satu tes yang bisa anda lakukan adalah RAST atau Radioallergosorbent Test. Tes ini merupakan tes alergi pada anak yang sangat akurat karena menggunakan darah untuk mengukur kadar IgE spesifik. Apabila anda mengalami alergi terhadap suatu hal, misalnya alergi makanan seperti alergi terhadap udang, maka pada darah akan memperlihatkan kadar IgE terhadap udang yang meningkat bisa dibilang IgE tersebut merupakan IgE spesifik terhadap udang. Pada tes RAST, alergen ditempatkan pada paper disc atau CAP RAST (polyurethane caps) yang nantinya akan direaksikan dengan serum yang diambil dari darah anda. Pengambilan darah sendiri diambil di pembuluh darah vena. Apabila terdapat IgE spesifik dalam darah, maka alergen tersebut nantinya akan terdeteksi dengan enzyme linked-human IgE antibody ketika reaksi kolorimetrik. Prosesnya sangat mudah, anda hanya akan merasa seperti digigit semut ketika jarum masuk ke dalam tubuh untuk mengambil darah anda. Apalagi dengan tes RAST, hasil yang di dapat sangat akurat jadi anda tidak perlu khawatir lagi. Karena anda tidak harus menghindari segala jenis makanan, dengan tes ini anda hanya perlu menghindari makanan yang menjadi alergen bagi anda, tentunya jika anda alergi terhadap makanan. Apabila anda alergi terhadap debu, anda harus menghindari agar tidak terlalu sering terpapar debu, misalnya dengan cara selalu menggunakan kacamata ketika keluar rumah, gunakan pakaian yang menutupi tubuh seperti misalnya pakaian dengan lengan yang panjang dan juga celana panjang.

Dengan mengetahui alergen yang menyebabkan alergi, selain anda bisa melakukan upaya pencegahan agar gejala atau reaksi alergi tidak terjadi, anda juga bisa mengetahui pengobatan yang tepat. Karena alergi merupakan suatu kondisi yang tidak dapat disembuhkan, oleh sebab itu sangat penting untuk menghindari penyebab alergi. Anda harus bisa mengontrol lingkungan disekitar anda agar tidak membahayakan diri anak. Misalnya anak memiliki alergi terhadap debu, maka untuk mengontrol lingkungan, anda harus mengkondisikan agar tempat tinggal anda selalu bersih, rajin-rajinlah membersihkan tempat tinggal agar debu tidak akan menumpuk dan menyebabkan anda mengalami reaksi alergi. Itulah pentingnya mengapa anda harus melakukan tes alergi pada anak sedini mungkin, terutama bagi anda yang berada di keluarga yang memiliki riwayat alergi. Selain itu, wanita yang sedang hamil dengan riwayat alergi juga harus melakukan pencegahan agar tidak terpapar oleh alergen. Jangan sampai wanita hamil mengalami reaksi alergi, terutama ketika sedang dalam proses melahirkan. Karena hal tersebut dapat membahayakan diri, tidak hanya membahayakan sang ibu, namun juga membahayakan bayi yang akan lahir. Perlu anda ketahui bahwa hasil dari tes yang sudah dilakukan untuk mengetahui penyebab alergi hanyalah untuk mendeteksi IgE spesifik dalam darah dan hal tersebut menandakan bawaha adanya sensitisasi, bukan berarti bahwa alergen tersebut merupakan pencetus utama reaksi alergi yang anak rasakan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter agar bisa menggabungkan hasil tes dengan anamnesis yang dilakukan oleh dokter. Dengan penggabungan kedua hasil tersebut, maka analisis dapat dilakukan dengan lebih baik. Apabila anda masih merasakan ragu walaupun sudah tes RAST dan berkonsultasi dengan dokter, anda boleh melakukan tes lainnya untuk mengetahui zat atau senyawa yang membuat anda mengalami reaksi alergi.