Tanda-Tanda Awal Kehamilan di Bulan Pertama yang Wajib Diketahui

Tanda-Tanda Awal Kehamilan di Bulan Pertama yang Wajib DiketahuiHamil, adalah masa di mana semua hal tampak menggembirakan bagi calon orang tua. Mereka akan memiliki keturunan yang lucu dan menggemaskan. Namun, pada masa awal kehamilan, Anda harus mengetahui tanda-tanda awal kehamilan sedini mungkin. Baik itu dari usia 1 minggu ataupun bulan pertama kehidupan janin Anda.

Tujuan dari mengetahui tanda ini tentu saja untuk memastikan bahwa Anda benar-benar hamil. Dengan begitu, Anda bisa memberikan yang terbaik pada buah hati sejak dini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan banyak hal baik untuk janin agar tetap sehat sampai ia siap dilahirkan. Lalu, apa saja tanda awal dari kehamilan pada bulan pertama kehidupan janinnya?

1. Mudah Lelah

Salah satu tanda yang dirasakan setiap wanita hamil di usia awal kehamilannya adalah rasa lelah yang intensitasnya sangat tinggi. Rasa lelah ini seringkali diikuti dengan rasa kantuk yang tak tertahankan. Hal ini wajar mengingat terjadinya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil.

Hormon yang berperan dalam hal ini adalah hormon estrogen dan progestreron yang mempengaruhi fisik seorang wanita hamil. Hormon ini membuat organ vital tubuh bekerja lebih ekstra sehingga Anda mudah lelah. Hal ini dapat dirasakan setiap ibu hamil meskipun ia tidak melakukan aktivitas yang berat sekalipun.

2. Morning Sickness

Tanda awal suatu kehamilan selanjutnya yang paling mudah dilihat adalah morning sickness. Muntah dan mual adalah hal yang biasa bagi ibu hamil. Umumnya, perasaan mual dan ingin muntah ini selalu mendera pada pagi hari. Namun, pada sebagian wanita, hal ini juga berlanjut seharian.

Tapi, tak semua wanita juga mengalami morning sickness saat hamil. Ada sebagian yang tidak mengalami mual dan muntah sama sekali. Untuk mengatasi morning sickness ini, Anda bisa meminum minuman herbal ataupun minum minuman hangat lainnya sehingga perut Anda lebih hangat.

3. Kram Perut

Salah satu hal yang paling umum berikutnya yang sering dirasakan seorang wanita hamil adalah kram pada bagian perut. Kram ini umumnya merupakan kram ringan saja. Gelajanya hampir sama seperti kram saat sedang menstruasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengompresnya menggunakan air hangat dan beritirahat cukup.

4. Keluar Flek Darah

Tanda-tanda awal kehamilan berikutnya yang wajib seorang calon ibu ketahui adalah keluar flek darah dalam intensitas yang kecil. Flek darah ini umumnya berwarna lebih pucat dari darah haid dan flek ini muncul akibat implantas embrio ke dalam dinding rahim Anda. Jadi, tak akan bermasalah dengan kandungan Anda.

5. Indera Penciuman Lebih Tajam

Berikutnya adalah indera penciuman yang menjadi lebih tajam. Biasanya, seorang ibu hamil memiliki ketidaksukaan terhadap suatu hal yang memiliki bau tajam ataupun tidak. Anda yang tidak sedang hamil mungkin bisa tak suka pada bau durian. Namun, pada wanita hamil lebih banyak. Misalnya saja aroma tubuh si suami dan lainnya.

6. Tidak Haid

Ini ciri-ciri awal kehamilan yang pasti terjadi. Tidak haid. Seorang wanita hamil tidak akan mengalami haid selama masa kehamilannya karena dinding rahim yang biasanya luruh setiap bulan telah ditinggali calon bayi Anda. Jika Anda mengalami ini, dapat dipastikan Anda sedang hamil.

7. Payudara yang Membengkak

Tanda kehamilan lain yang bisa Anda rasakan adalah payudara yang membengkak. Hal ini wajar mengingat meningkatnya hormon estrogen dan progestrogen dalam tubuh Anda. Perubahan fisik yang terjadi pada payudara ini sebenarnya adalah persiapan agar kelenjar susu Anda matang dan siap menyusui ketika bayi Anda lahir kelak.

Selain membengkak, biasanya bagian payudara Anda juga akan lebih lembut. Bagian ini akan lebih sensitif terhadap rasa sakit atau gatal. Oleh sebab payudara ini membesar, bagian putingnya akan menggelam dan muncul bintik-bintik besar. Bintik-bintik ini disebut kelenjar Montgomery yang berperan dalam memproduksi air susu.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda awal kehamilan di bulan pertama kehamilan seorang wanita. Anda harus tahu tanda-tanda ini agar bisa memberikan yang terbaik untuk buah hati Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan asupan gizi terbaik misalnya dari sayur dan buah serta susu ibu hamil seperti Enfamama yang mampu menutrisi ibu hamil dan bayinya.