Rekening Giro Adalah

Hampir semua nasabah yang ingin menabung di bank, pasti pilihannya akan jatuh kepada simpanan tabungan. Tentu tidak salah, karena rekening tabungan lebih mudah digunakan dan lebih praktis. Tetapi sebenarnya ada salah satu produk bank yang bisa dipilih dengan manfaat dan kelebihan yang tidak kalah dengan rekening tabungan, yaitu rekening giro. Bahkan bisa dibilang pada titik-titik tertentu, rekening giro lebih unggul daripada rekening tabungan.

Sekarang kita akan membahas secara detail sebenarnya apa yang dimaksud dengan rekening giro, beserta keunggulan serta apa manfaatnya bagi masyarakat yang menggunakannya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Rekening Giro Adalah

Pengertian Rekening Giro

Menurut UU Perbankan No 10 Tahun 1998, rekening giro adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, saran perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindahbukuan. Pengertian dapat ditarik setiap saat adalah bahwa uang yang sudah disimpan di rekening giro dapat ditarik berkali-kali dalam sehari selama dana masih tercukupi, selain harus memenuhi syarat dari bank yang bersangkutan. Penarikan dapat berupa penarikan tunai atau non tunai.

Jadi bisa dibilang rekening giro adalah salah satu produk perbankan yang berupa simpanan dari nasabah perseorangan ataupun badan usaha dalam rupiah maupun mata uang asing yang penarikannya dilakukan pada saat jam kerja dengan menggunakan cek atau bilyet giro. Jika dilihat secara sekilas, rekening giro ini tidak efektif jika dibandingkan dengan rekening tabungan. Nah untuk itu kita juga akan memberikan manfaat dari rekening giro.

Manfaat Rekening Giro

  • Uang Lebih Aman

Karena rekening giro ini berbeda dengan rekening tabungan biasa, jadi Anda tidak perlu khawatir jika ada kemungkinan uang Anda diambil oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Misalnya kartu ATM Anda tertinggal di ATM atau ada potensi tindakan kriminal lainnya. Dengan rekening giro, Anda hanya bisa bertransaksi mengambil atau menyetor uang hanya di bank dengan alat transaksi cek atau bilyet giro.

  • Delegasi Pembayaran Lebih Aman

Ketika Anda menggunakan rekening giro, Anda dapat melakukan delegasi pembayaran dengan lebih aman dibandingkan transfer pada rekening tabungan biasa. Transfer pada rekening giro ini harus menggunakan cek atau bilyet giro. Cek adalah surat perintah dari nasabah kepada bank terkait untuk membayar sejumlah uang yang telah di dalamnya kepada pemegang cek.

Sedangkan bilyet giro adalah surat perintah dari nasabah kepada bank untuk melakukan pemindah bukuan dengan sejumlah uang dari rekening nasabah kepada nasabah penerima. Cara ini lebih aman dan lebih cepat daripada transaksi pada rekening tabungan biasa.

  • Rekening Giro tidak Mempunyai Limit

Tidak seperti rekening tabungan yang mempunyai limit untuk transaksi, rekening giro ini tidak ada limit transaksi. Oleh karena itu banyak sekali perusahaan yang menggunakan rekening giro daripada rekening tabungan biasa. Selain semua transaksi harus melalui bank, juga tidak ada limit untuk melakukan transaksi.

Ada beberapa hal yang harus diketahui pada saat melakukan transaksi melalui cek atau bilyet giro. Karena jika Anda salah tulis nominal yang melebihi saldo Anda, maka cek atau bilyet giro Anda akan dianggap kosong. Tidak hanya itu, Anda akan diberi peringatan 1 kali oleh pihak bank untuk segera menambah saldo atau mengonfirmasi tentang kesalahan penulisan saldo. Jika tidak ada konfirmasi apapun dalam angka waktu tertentu, maka bank akan memberikan peringatan 2 sampai peringatan 3. Untuk peringatan 3, Anda bisa masuk ke dalam daftar hitam nasional.

Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan rekening giro, selain Anda tahu manfaat yang diberikan, Anda juga harus tahu prosedur dan konsekuensi ketika menggunakan rekening giro. Semoga artikel kali ini dapat mencerahkan.