Ragu Menggunakan KPR? Ikuti 6 Tips Membeli Rumah di Bali Tanpa Perantara Bank

Membeli Rumah di Bali Tanpa Perantara BankBali selalu menyimpan segudang keeksotisan panorama pantainya hingga menarik banyak wisatawan dalam maupun luar negeri untuk datang menetap atau sekadar menginjakkan kaki menyaksikan sunrise. Terkenal dengan Pantai Sanur, Ubud, Pura Tanah Lot, Tampak Siring, Pura Besakih, dan lainnya. Memiliki rumah di Bali seringkali dianggap impian dan angan-angan belakankarena harga propertinya yang memang selangit.

Kredit KPR merupakan alternatif membeli rumah ketika uang tabungan belum cukup membelinya secara cash. Tetapi menggunakan KPR seringkali mengundang kekhawatiran riba atau tidak bisa melunasi cicilan di tengah jalan. Meski sudah melakukan estimasi, bisa jadi uang yang sudah diniatkan untuk membayar cicilan justru terpakai karena kebutuhan mendesak. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti 6 tips berikut untuk membeli rumah tanpa melalui KPR.

  1. Mencari Bantuan Orang Lain

Hal pertama yang paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari bantuan orang lain secara langsung. Tentu pada keluarga, kerabat, tetangga, atau teman yang bersedia memberikan pinajaman tanpa bunga. Tidak perlu malu jika memang kebutuhan untuk memiliki rumah di Bali begitu mendesak, seperti pindah kerja. Anda tentu tidak bisa selalu tinggal di hotel atau menyewa rumah karena dapat menghabiskan gaji Anda.

Memang tidak banyak orang yang bersedia meminjamkan uang dalam jumlah besar denagn alasan kepercayaan. Oleh karena itu, Anda harus meyakinkan mereka untuk menepati pelunasannya. Ungkapkan rasa terima kasih Anda pada peminjam dengan konsisten mencicil pembayaran hutang tersebut.

  1. Menabung dalam Bentuk Emas

Anda mungkin sudah lama dan banyak menabung dalam bentuk uang hingga puluhan atau mungkin ratusan juta, tapi ternyata harga rumah incaran Anda sudah semakin meroket saat uang Anda sudah terkumpul. Oleh karena itu, Anda juga perlu berpikir kreatif dan mencoba hal baru dalam menabung.

Menabung dalam bentuk emas merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mengincar property apalagi di kawasan Bali. Tabungan emas ini memang bersifat anti-inflasi. Meski sama-sama lama seperti menabung dalam bentuk uang, Anda akan diuntungkan karena harga emas cenderung mengikuti kenaikan harga barang seperti properti rumah yang Anda inginkan.

  1. Membeli Rumah Second atau Murah

Anda perlu searching dan mencari informasi untuk membeli rumah murah atau bekas tinggal orang lain. Usahakan memilih rumah yang masih terawat agar Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan dana untuk renovasi dan perawatan rumah lainnya. Untuk mencari informasi tentang rumah Bali, Anda dapat mencari laman yang menyajikan iklan jual beli rumah di Bali yang menyajikan berbagai pilihan jenis dan harga.

  1. Mencari Kenalan Pengusaha Properti

Memiliki kenalan seorang yang berkecimpung di dunia properti akan memudahkan Anda memperoleh informasi terbaru tentang penjualan rumah. Anda pun akan meperoleh akses yang lebih untuk mengetahui cara mengurus perizinan pendirian bangunan rumah, pembelian rumah atau tanah, dan beberapa hukum lainnya terkait jual beli properti yang perlu diketahui. Mereka biasanya selalu memiliki informasi ter-update tentang hal ini.

  1. Beli Tanah Dulu, Rumah Nanti

Langkah ini merupakan jalan alternatif bagi Anda yang ingin membeli rumah tanpa riba. Cari lokasi yang strategis tempat Anda ingin membangun rumah. Beli tanahnya lalu lanjutkan menabung hingga memenuhi kebutuhan untuk membeli bahan bangunan rumah Anda. Harga tanah tanpa bangunan tidak akan semahal membeli rumah jadi siap huni.

Keuntungan yang diperoleh dengan melakukan cara ini yaitu Anda mendapatkan tanah yang lebih luas daripada membeli rumah jadi, mendesain denah rumah sesuai selera, dan dapat menjualnya lagi karena dapat dijamin bahwa harga properti akan selalu naik.

  1. Menjadi Agen Properti

Ada pepatah mengatakan, ‘jika ingin makan ayam, maka jadilah penjual ayam’. Pepatah ini agaknya dapat diterapkan dalam bisnis properti. Selain melakukan pekerjaan utama yang sedang Anda geluti saat ini, Anda bisa mencari pekerjaan sampingan (freelance) dengan menjadi agen properti.

Keuntungan yang diperoleh dengan menjadi agen properti yaitu dapat membantu menambah jumlah tabungan Anda untuk membeli rumah karena Anda akan mendapat keuntungan 1-3 % dari setiap penjualan rumah. Anda juga bisa memasarkan properti syariah ini pada teman-teman kantor. Beberapa developer bahkan menawarkan komisi besar sekaligus reward berupa jalan-jalan ke luar negeri.

Kini penjualan properti di Pulau Dewata mengalami tren positif dalam satu decade terakhir. Kondisi ini diproyeksikan meningkat hingga tahun-tahun berikutnya. Minat pembelian produk maupun investasi properti seperti rumah di Bali yang tinggi, disebabkan karena kondisi keamanan Bali yang kondusif serta prospek ekonomi pariwisatanya yang cerah. Jika semula hanya berniat membeli untuk pribadi, tak ada salahnya Anda mengubah haluan berinvestasi.