Perbandingan Mobile Legends vs Mobile Arena

Saat ini ada banyak sekali game seru yang dapat di mainkan di handphone android. Dan salah satunya yang sudah cukup populer adalah game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yaitu Mobile Legend dan Vainglory. Para pecinta game MOBA pun saat ini semakin di manjakan dengan game Mobile Arena yang kini juga telah dapat di mainkan di handphone android di Indonesia meskipun sebenarnya Mobile Arena ini hadir lebih dulu di Asia dan Eropa, seperti Thailand, Vietnam, Taiwan, Turki dan Eropa dengan judul game yang berbeda bernama Realm of Valor dan Strike of Kings sedangkan untuk di Indonesia baru rilis di tanggal 6 Juni 2017 kemarin.

Banyak yang mengatakan bahwa Mobile Legend sama dengan Mobile Arena namun padahal kedua game ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Selain dari segi grafis, perbedaan lain dari kedua game ini juga dari sisi sistem. Bagi kalian Penggemar Mobile Legend ataupun yang belum pernah memainkan kedua game ini berikut ini akan kami berikan ulasan tentang perbandingan mobile legends vs mobile arena dengan beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari Mobile Legend vs Mobile Arena yang nantinya mungkin dapat kamu jadikan pertimbangan untuk tetap memainkan mobile legend atau berpindah ke mobile arena atau game mana yang layak untuk kamu coba terlebih dahulu bagi kalian yang belum pernah memainkan kedua game ini. So Check this ya

Heroes Arena Vs Mobile Legend

Grafis dan Spesifikasi Minimum

Hal pertama dan tentunya yang paling utama ketika akan memilih dan memainkan sebuah game di handphone adalah memperhatikan kualitas grafis dan spesifikasi minimum yang harus dipenuhi untuk memainkan sebuah game. Dalam hal ini kedua game ini hanya memerlukan spesifikasi RAM minimum hanya sebesar 1GB saja kalian sudah dapat memainkan kedua game ini, namun tentunya jika smartphone kalian memiliki spesifikasi yang lebih tinggi akan lebih baik dan memberikan pengalaman bermain yang lebih menarik.

Kemudian  dari sisi Grafis, Mobile Legend dan Mobile Arena ini menggunakan grafis yang berbeda. Jika Mobile Legend menggunakan grafis dengan gaya “Cell Shading” sedangkan untuk Mobile Legend mengunakan grafis 3D. Masing masing grafis ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Grafis dengan gaya cell shading pada Mobile legend terasa lebih ramah di mata namun dari segi kualitas gaya grafis 3D pada Mobile Arena terlihat lebih memukau.

Dukungan Developer dan Penerbit

Pada sisi dukungan developer dan penerbit ini kami berikan poin khusus bagi Mobile Arena karena seperti kita ketahui bahwa Mobile Arena ini hadir di Indonesia melewati Garena yang berarti bahwa game ini terlokalisasi ke bahasa Indonesia, Mobile Arena ini memiliki server lokal yang berada di Indonesia. Selain itu pihak penerbit Garena mengatakan bahwa mereka akan mengadakan rangkaian turnamen dan menginisiasi Esport MOBA di Indonesia.

Sebaliknya untuk Mobile Legend sampai saat ini belum di ada penerbit resmi maupun server lokal yang akan mendukung game ini. Menurut beberapa informasi yang kami dapat developer Mobile Legend ini adalah Moonton, yang berada di China dan server yang mereka miliki juga berada disana. Untuk dukungan Mobile Legend di Indonesia saat ini menggunakan Fans page Facebook resmi yang berada di Indonesia yang di kabarkan telah mengeluarkan sebuah teaser hero baru dari legenda Indonesia “Gatot Kaca” yang mungkin akan segera di rilis dalam waktu dekat ini.

Lag dan Disconnect

Salah satu masalah lama yang sering di alami oleh para pemain Mobile Legend adalah masalah “lag” meskipun dimainkan dengan jaringan yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Hal tersebut mungkin karena lokasi server yang cukup jauh berada di china karena pada umumnya untuk server game yang di mainkan di Indonesia berada di Singapura dan akan lebih baik jika memiliki server di Indonesia.

Nah mungkin itu saja sedikit ulasan yang dapat kami berikan, untuk ulasan yang lebih lengkap dapat kalian baca di alvmagz.com mulai dari perbandingan Map / Peta, Arcana dan Emblem, gaya permainan hingga guide tentang hero mobile legends terutama bagi kalian pemula yang baru mencoba game ini.