Pendaftaran Kuliah di Univesitas Binus

Pendaftaran Kuliah di Univesitas BinusApakah Anda berencana untuk melanjutkan studi sarjana Anda di perguruan tinggi swasta? Kalau begitu, Universitas Binus wajib jadi pilihan Anda! Universitas Binus alias Bina Nusantara merupakan perguruan tinggi swasta yang memiliki reputasi sangat baik di Indonesia. Banyak orang-orang terpandang seperti CEO bisnis start up serta pengusaha sukses di Indonesia yang merupakan alumni dari universitas satu ini. Beberapa artis ibu kota juga banyak yang merupakan alumni dari Universitas Bina Nusantara diantaranya ada Raissa Andriana, Pamela Bowie, serta Jessica Mila. Walau begitu, jika Anda telah memutuskan untuk berkulian di Universitas Bina Nusantara, Anda tentunya juga wajib untuk mengetahui informasi-informasi mengenai biaya kuliah Binus serta proses dan prosedur pendaftarannya. Pasalnya, universitas swasta dengan nama besar ini rupanya memiliki biaya kuliah yang cukup mahal khusus untuk program sarjananya.

Universitas Bina Nusantara memiliki pendekatan dalam proses belajar yang sangat unik. Universitas Binus memiliki kelas yang tentunya berbeda dengan sistem kelas pada perguruan tinggi kebanyakan. Selain menerapkan sistem kuliah tatap muka langsung bersama dosen, Universitas Bina Nusantara juga mengenalkan sistem belajar baru yakni kelas online. Kelas Online yang dimiliki Universitas Bina Nusantara ini bernama Binus Online Learning. Sistem kelas ini menggabungkan konsep tatap muka dengan video confrence serta teknologi Learning Management System (LMS). Melalui sistem tersebut, mahasiswa Universitas Binus nantinya dapat belajar materi kuliah secara online dengan lokasi dan waktu yang fleksibel. Sistem perkuliahan online ini dipilih oleh mahasiswa Binus yang memiliki pekerjaan sehingga tidak sempat untuk datang langsung ke kampus.

Untuk masalah biaya kuliah Binus secara online dan kuliah biasa kurang lebih sama. Yang membedakan adalah biaya kuliah yang harus dibayarkan berdasarkan program studi yang diambil. Khusus untuk kelas Binus online ada beberapa program studi yang menjadi fokus utama yakni studi akuntansi, studi bussines management, studi Sistem Informasi (Coorporate Information System), serta teknik informatika. Rata-rata durasi studi disetiap program studi adalah delapan semester dengan jumlah mata kuliah kurang lebih sebanyak 38 (tiga puluh delapan). Khusus untuk studi Sistem Informasi serta Teknik Informatika, hanya bisa diikuti oleh siswa/siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dari program studi IPA atau siswa/siswi SMK dari jurusan Teknik.

Sementara untuk biaya kuliah Binus sendiri tergantung dari masing-masing fakultas dan program studi yang diambil. Biaya kuliah tersebut terdiri dari Biaya Sumbangan DP3 sebesar Rp 12.000.000,- dengan rincian Biaya DP3 yakni Rp 4.000.000,- dibayarkan pada semester pertama, Rp 4.500.000,- dibayarkan pada semester kedua dan Rp 3.500.000 dibayarkan pada semester ke tiga . Selain itu, akan ada biaya BP3 senilai Rp. 1. 490.000 di setiap semesternya, yang jika ditotal akan berjumlah Rp.11.920.000, untuk kurang lebih 8 semester. Sementara itu biaya per mata kuliah adalah Rp.870.000,- . Pada semester pertama dan kedua mahasiswa Binus akan mendapatkan enam mata kuliah, semester ketiga hingga semester keenam mendapatkan lima mata kuliah, dan di semester ke tujuh dan delapan akan mendapatkan tiga mata kuliah, sehingga jika ditotal akan mencapai Rp. 32.190. 000,-.

Sementara untuk biaya kuliah binus pada kelas online program studi bussines management yang merupakan program studi favorit, akan dikenakan Biaya Sumbangan DP3 sebesar Rp.12.000.000 dengan rincian, Rp. 4.500.000 di semester pertama, Rp. 4.500.000 di semester kedua, dan Rp. 3.500.000 di semester ketiga serta Biaya BP3 setiap semesternya dengan nilai Rp. 1.490.000 yang jika ditotal akan berjumlah Rp.11.920.000.