Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil

Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil – Sayuran ini kurang popular karena jarang ditemukan dan harganya yang cukup tinggi. Tetapi tidak hanya harganya yang tinggi, sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi juga. Kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil oleh karena itu tidak ada salahnya anda mencoba mengkonsumsi sayuran ini mengingat kandungan nutrisinya yang beragam.

Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil

Asparagus biasanya diolah dalam bentuk sup dan sangat cocok untuk dinikmati saat siang maupun saat makan malam. Selain untuk ibu hamil sayuran ini juga sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Berikut beberapa zat penting yang terkandung dalam asparagus yang baik untuk ibu hamil.

Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil

  1. Asam Folat

Zat ini sangat baik untuk membantu janin dalam kandungan pada masa perkembangan. Dari lima batang asparagus terdapat 100 mg asam folat. Selain membantu perkembangan janin. Asam folat dalam asparagus juga bermanfaat untuk:

– Perkembangan sistem saraf janin

– Menjaga kesehatan ibu hamil terutama bagi ibu hamil yang menderita hipertensi

– Membantu proses pembentukan DNA dalam janin

– Melancarkan peredaran darah pada ibu hamil dan menyehatkan jantung

  1. Glutathion

Glutathion yang terkandung dalam asparagus dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dari dalam tubuh. Kerusakan DNA pada janin dapat disebabkan oleh radikal bebas tersebut. Ibu hamil dan janin juga dapat terserang berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem imunitas tubu.

  1. Inulin

Inulin adalah zat makanan sehat yang terkandung dalam asparagus. Manfaat inulin bagi ibu hamil adlah memeperlancar pencernaan, meningkatkan fungsi metabolism dalam tubuh, serta mengandung bakteri baik yang tentunya baik untuk ibu hamil dan janin.

  1. Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama untuk perkembangan kerangka pembentuk tubuh janin. Selain itu kalsium juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kelainan tulang pada janin.

  1. Vitamin C

Tidak kalah dengan jeruk, asparagus juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Manfaat dari dari vitamin C ini adalah menangkal radikal bebas, serta menjaga imunitas tubuh dengan menangkal masuknya virus, bakteri, dan jamur yang masuk ke dalam tubuh dan dapat berbahaya untuk ibu dan janin yang dikandungnya.

  1. Vitamin E

Selain vitamin C, asparagus juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E dalam asparagus dapat mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf, menjaga kesehatan serta dayan tahan tubuh ibu hamil, dan tentunya menangkal radikal bebas.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 yang terkandung dalam asparagus memiliki berbagai manfaat bagi ibu hamil yaitu memberikan nutrisi kompleks bagi kesehatan, mencegah terjadinya mual bagi ibu hamil pada trimester pertama, dan mengatur tekanan darah untuk mencegah hipertensi saat kehamilan.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat dalam asparagus yang patut untuk anda ketahui. Anda dapat mengambil manfaat yang terkandung dalam asparagus dengan mengolahnya menjadi berbagai macam kreasi hidangan atau anda dapat mencampurnya dengan sayuran lain yang juga bergizi.

Recent Tag:

  • manfaat sup asparagus untuk ibu hamil