Kuliah di Luar Negeri Itu…

Negeri Van Oranje

Dari kecil, saya mempunyai cita-cita ingin berkuliah di luar negeri. Ketika sudah dewasa seperti ini, cita-cita saya masih sama. Namun ternyata semakin dewasa semakin berpikir bahwa kuliah di luar negeri itu mahal, ya, kalau tidak ada beasiswa.

Meskipun belum bisa mencapai cita-cita itu, saya sudah melakukan berbagai persiapan untuk kuliah di luar negeri. Salah satunya adalah dengan menonton film yang bertema kuliah di luar negeri. Sounds cheesy, isn’t it? Tapi ternyata dengan menonton film bertema seperti ini, semangat saya muncul lagi. Magic!

Apa saja yang saya tonton? Ini dia

Negeri Van Oranje

Salah satu keinginan saya adalah traveling keliling Eropa, bukan berkuliah di sana. Namun film Negeri van Oranje ini membuat saya ingin kuliah di Belanda. Jadi ceritanya tentang lima mahasiswa S2 asal Indonesia yang berkuliah di universitas yang berbeda. Ada yang di Leiden, Den Haag, Rotterdam, dan lainnya. Selain belajar untuk dunia kuliah, mereka juga belajar tentang pentingnya persahabatan. Seru, deh!

Rudy Habibie

Idola saya ini! Meskipun otak saya jauh sekali dari otak beliau, tapi semangat kami sama, lho. Di sini Reza Rahardian masih memerankan seorang BJ Habibie muda yang berkuliah dengan susah payah di Jerman. Susah payahnya bukan karena sulitnya pelajaran – ya tidak mungkin sih – namun susahnya karena peliknya urusan percintaan dan pekerjaan beliau.

Laskar Pelangi2: Edensor

Ya, lagi-lagi negara di Eropa yang dijadikan sebagai lokasi syuting Arai dan Ikal. Kali ini adalah Sorbonne di Paris yang membuat saya makin tertarik kuliah di luar negeri. Arai dan Ikal walaupun mendapat beasiswa di sana, hidup mereka juga tidak mudah karena harus bekerja part-time seperti menjadi pelayan. Ah, kalau saya sih ikhlas harus jadi pelayan asal bisa kuliah di luar negeri, hihi…

Walaupun saya hanya bisa menontonnya dari TV murah di kamar, namun film-film tersebut bisa membangkitkan gairah saya untuk mendapatkan beasiswa agar bisa berkuliah di luar negeri. Saya pun tidak harus jual TV murah dan bergaransi kesayangan saya ini untuk membiayai hidup di sana 🙂