Kesalahan Memakai Skin Care yang Membuat Kulit Berjerawat

Kesalahan Memakai Skin Care yang Membuat Kulit BerjerawatAnda sering kali masih berpikir mengapa kulit wajah berjerawat meski sudah pakai skin care? Kemungkinan terdapat kesalahan yang Anda lakukan, bukan hanya satu, tapi bisa jadi banyak kesalahan pemakaian skin care. Ketelitian juga dibutuhkan untuk memakai skin care. Berikut pemakaian skin care yang harus dihindari.

  1. Sering Melupakan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi atau yang biasa disebut proses peeling ini sangat berguna untuk kulit. Setidaknya Anda melakukannya setiap seminggu sekali. Eksfoliasi ini dapat mengangkat sel kulit mati sehingga juga termasuk cara mencerahkan wajah. Jika proses ini dilakukan rutin juga bisa menghilangkan bekas jerawat.

  1. Sering Ganti-Ganti Skin Care

Kebiasaan ganti-ganti skincare bukan akan membuat kulit sehat, tapi justru akan membuat kulit rentan terhadap jerawat. Saat Anda merasa tidak cocok dengan salah satu skincare, jangan kemudian hari berikutnya Anda mencoba skincare lain yang kandungannya hampir sama. Hal ini yang membuat kulit kaget dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan skincare yang berbeda-beda.

  1. Memakai Sunscreen Hanya Saat Panas

Penggunaan sunscreen adalah wajib setiap hari. Meskipun cuaca tidak sedang panas, Anda perlu memakainya. Bahkan di negara yang memilik empat musim, dokter sangat menyarankan penggunaan sunscreen setiap hari agar terhindar dari sinar UV yang dapat merusak kulit.

  1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Anda memang butuh cuci muka untuk meluruhkan kotoran yang ada di wajah, namun mencuci muka terlalu sering tidaklah baik. Kulit wajah justru akan menjadi iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih.

Sehingga Anda akan rentan terhadap jerawat. Jika hanya melakukan aktivitas di dalam ruangan, tidak terlalu berkeringat dan tidak menggunakan makeup, cukup lakukan cuci muka dengan air hangat pada malam hari.

  1. Tidak Memakai Moisturizer

Hal ini sama dengan sunscreen. Moisturizer atau pelembab harus menjadi skincare wajib. Kelembapan kulit akan terkikis akibat cuci muka. Sehingga Anda harus mengoleskan sunscreen ke wajah. Selain itu, pelembab juga berperan menutrisi dan mencerahkan kulit.

  1. Memakai Shea Butter sebagai Pelembap Wajah Anda

Banyak orang yang ingin punya kulit wajah tetap lembap. Karena kehabisan pelembap wajah, Anda sering kali memakai shea butter sebagai cara mencerahkan wajah dan melembapkannya. Benarkah penggunaan yang seperti ini?

Shea butter justru akan membuat pori-pori Anda melebar dan menyebabkan jerawat. Sehingga Anda harus memilih pelembap yang memang khusus untuk wajah agar kulit wajah tidak bermasalah.

  1. Perhatikan Kandungan Skin Care Anda

Kandungan produk biasanya terdapat dalam kardus atau dalam packaging kemasan. Anda harus membiasakan diri untuk membacanya terlebih dulu. Kandungan yang keras atau dosis yang tinggi akan membuat kulit iritasi dan berjerawat. Jangan menggunakan skincare yang sama-sama menggunakan bahan aktif.

Anda pasti ingin kulit tampak sehat dengan menggunakan skin care. Namun kesalahan memakai skin care akan membuat keadaan yang sebaliknya. Kulit Anda akan iritasi, kering, bahkan berjerawat. Lakukan langkah dan pemakaian skincare sesuai dengan fungsinya.