Jangan Terlalu Sering Memakai Make Up! Begini Resikonya

Jika Anda tipe wanita yang tidak bisa meninggalkan rumah tanpa mengoleskan make up maka Anda pasti mendatangkan malapetaka pada kulit Anda. Jenis kulit yang berbeda bereaksi berbeda juga terhadap make up. Beberapa wajah memiliki efek samping berbeda untuk sebagian kosmetik. Alasannya sederhana, beberapa orang memiliki kulit kasar dan kering sementara beberapa lainnya tidak.

Menerapkan riasan di wajah Anda dapat menyebabkan hasil yang tidak diinginkan jika tindakan pencegahan tidak dilakukan karena ada banyak bahan kimia berbahaya yang ada dalam produk kosmetik yang Anda gunakan seperti lipstik, bedak, dll. Anda harus terlebih dahulu memastikan untuk menggunakan produk dari kecantikan yang Anda pakai. Produk kecantikan radha dapat dipercaya karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak memiliki efek samping, namun demikian Anda harus mengambil langkah untuk mengurangi efek samping dari make up karena resikonya sangat besar untuk kulit Anda. Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa Anda hadapi saat menerapkan make up.

Pori-pori tersumbat menyebabkan jerawat

Beberapa jenis kulit tidak berbaur dengan baik dengan make up dan memblok pori-pori kulit. Bila ini terjadi, Anda akan melihat hal-hal yang paling menyebalkan di wajah Anda: jerawat. Jerawat adalah folikel rambut yang ditancapkan dengan minyak yang menjadi tempat tumbuhnya bakteri pada umumnya. Folikel rambut pada kulit kita tersumbat saat foundation dan bedak berbeda diterapkan pada kulit dan akan menyebabkan jerawat. Dianjurkan agar Anda menggunakan make up bebas minyak dan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jangan Terlalu Sering Memakai Make Up! Begini Resikonya

Patch dan Lingkaran Hitam

Patch adalah salah satu jenis efek samping yang paling umum dari penggunaan riasan berat. Patch membuat kulit terlihat kusam dan tidak sesuai dengan warna kulit Anda. Namun ada juga yang tidak terkendala, justru rasanya nyaman di kulit untuk jangka waktu yang lama tergantung dari jenis kulitnya. Hal ini terjadi ketika Anda mengoleskan make up terlalu lama dan akibatnya, kulit menjadi tidak lembab dan membuat kerutan pada kulit yang bisa berubah menjadi kulit gelap. Jika Anda kebetulan menderita make up patch maka perlu melembabkan kulit dengan menggunakan minyak zaitun, pelembab atau kapas yang dicelupkan ke dalam susu juga membantu.

Hal lain yang membuat Anda terlihat tidak menarik dan merupakan salah satu efek samping terbesar dari penerapan make up terlalu banyak adalah Anda akan melihat lingkaran hitam di bawah mata. Kantong hitam ini juga merupakan tanda kesehatan yang buruk dan kebanyakan karena kurang tidur. Namun, mereka juga bisa muncul saat seseorang mencoba menerapkan riasan terlalu banyak di bawah mata untuk mencerahkan area tersebut. Obat untuk lingkaran hitam adalah teknik tradisional yaitu menerapkan susu di daerah yang menghitam dengan bantuan kapas atau menempatkan potongan timun pada mata untuk meringankan lingkaran hitam dan mengurangi bengkak di bawah mata.

Bisul

Menerapkan riasan berat di bawah suhu yang tidak sesuai dapat menyebabkan infeksi kulit seperti bisul. Bisul membuat beberapa area di kulit Anda menjadi merah dan sakit. Ini adalah jenis infeksi kulit yang serius dan teknik DIY harus dihindari dalam kasus ini. Pilihan bijak adalah berkonsultasi dengan spesialis kulit dan mendapatkan perawatan karena ada berbagai bahan kimia berbahaya yang terlibat dalam jenis infeksi kulit ini.

Keriput

Tidak ada yang ingin terlihat tua sebelum usia senja. Namun, bila Anda menerapkan terlalu banyak make up dan terlalu sering, Anda cenderung keriput di sekitar tepi mata. Keriput muncul di wajah saat bahan kimia kulit penting seperti vitamin dan mineral tersedot karena terlalu banyak mengoleskan make up. Sangat merusak tekstur dan soliditas kulit Anda. Karena itu, sebaiknya selalu bersihkan make up sebelum tidur sehingga bahan kimia bersih dari kulit. Anda juga bisa mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun di sisi mata Anda agar kulit tetap terjaga.

Kanker kulit

Produk yang tidak aman yang harganya murah bisa merangsang sel kanker pada beberapa wanita. Hal Ini terjadi karena tidak diuji laboratorium dan mengandung bahan kimia berbahaya yang merusak kulit. Namun, memilih kosmetik bermerek lebih aman karena mereka diuji laboratorium dan produk yang disetujui lebih aman digunakan.

Tuh ladies, jangan terlalu sering merias wajah ya. Kesehatan kulit sangat penting. Ingin baca info kesehatan dan kecantikan lainnya? Temukan tips menarik di http://breaktime.co.id/