Jangan Lupakan 3 Hal Ini Ketika Membeli Tanah Kredit

Masyarakat kerap kali dihadapkan pada persoalan harga rumah yang tinggi untuk membeli hunian. Maka dari itu, banyak masyarakat yang akhirnya memilih untuk membeli tanah terlebih dahulu. Tanah tersebut dapat dijadikan untuk investasi, atau juga untuk dipergunakan nantinya, jika sudah memiliki dana yang cukup untuk membangun rumah.

Namun, apakah bisa membeli tanah secara kredit? Banyak masyarakat yang tidak mengetahui hal tersebut, padahal kredit tanah ada. Memiliki, prosedur yang  kurang lebih sama dengan KPR atau kredit pemilikan rumah, KPT juga dapat diajukan ke bank yang menyediakan produk tersebut.
Namun, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian sebelum Anda memutuskan untuk membeli tanah secara kredit.
Lokasi

Sama seperti membeli properti jenis lain, lokasi, lokasi, dan lokasi menjadi  hal yang sangat penting. Anda harus tetap memperhatikan lokasi dari tanah yang dijual. Jika anda bermaksud untuk menginvestasikan tanah tersebut, ada baiknya membeli tanah yang tidak terlalu jauh di pedalaman. Kecuali untuk kepentingan pribadi seperti membangun vila atau rumah untuk melepaskan stres.

Misalnya, Anda bekerja di Jakarta, namun ingin membeli harga rumah yang miring. Maka salah satu solusinya adalah membeli rumah di kawasan sekitar seperti rumah dijual di Jakarta dekat Depok. Atau Bekasi dan Tangerang.

Jangan mudah terpancing dengan rayuan harga murah yang ditawarkan. Yang pasti tanah tersebut haruslah strategis agar kenaikan harganya dapat tumbuh lebih baik.

tips Membeli tanah secara kredit
Pergerakan Harga

Dalam membeli tanah secara kredit maupun tunai, yang harus diperhatikan juga adalah soal keuntungan membeli properti. Pertimbangkan apakah tanah yang akan Anda beli dapat tumbuh harganya dalam lima tahun ke belakang. Apakah dapat menjadikan keuntungan dengan membeli tanah.

Faktor pembangunan dapat mendongkrak harga tanah yang ada. Maka dari itu, perhatikan informasi di surat kabar apakah akan anak fasilitas yang dapat dibangun di sekitar lokasi tersebut. Pergerakan harga properti juga dapat dilihat di situs-situs jual beli properti Online seperti www.urbanindo.com lewat fitur analisis wilayahnya.
Biaya Lain

Sekali lagi, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan penjual ketika menjual tanah. Karena harga tersebut masih harus ditambah dengan biaya-biaya lain ketika membeli tanah. Beberapa biaya lain yang harus dikeluarkan adalah biaya balik nama, jual beli, PBB, PPh, notaris dan agen bila menggunakan jasanya.