Investasi Reksadana, Cara Mengelola Keuangan untuk Bisa Berinvestasi di Usia Muda

Berbicara mengenai investasi, sebenarnya kegiatan menguntungkan satu ini tak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja, melainkan mulai dari remaja, tergantung dari jenis investasi yang akan Anda kelola. Khusus untuk investasi jangka panjang seperti halnya tabungan, justru jauh lebih menguntungkan jika dimulai dari sekarang, setidaknya pada beberapa tahun kedepan ketika Anda membutuhkan sudah bisa menikmati hasilnya. Untuk kebutuhan biaya menikah hingga membeli rumah baru. Bisa memulai pertimbangkan produk investasi reksadana.

Banyak pertimbangan ketika seorang investor akan memilih sebuah instrumen investasi, mulai dari modalnya, hingga yang paling dipertimbangkan adalah resikonya. Mengingat investasi ini layaknya menanam sebuah pohon, ia bisa tumbuh dan berkembang hingga memberikan buah bagi pemiliknya, namun bisa juga mati sebelum berbuah. Jadi tak ada yang menjamin bahwa hasil akhirnya selalu keuntungan, ada kalanya juga merugi. Jadi banyak yang lebih mengutamakan investasi yang aman seperti ke reksadana ini.

Investasi Reksadana

Beberapa hal memang menjadi keuntungan dari investasi ini, mulai dari modal yang rendah, pilihan berbagai macam instrumen investasi menguntungkan, hingga pengelolaan yang sepenuhnya bisa dipercayakan pada seorang manager investasi berpengalaman. Semua nilai plus ini memang menjadikan reksadana sebagai pilihan utama investasi pemula. Investasi reksadana bahkan bisa dimulai sejak usia muda, berikut ini ada cara mengatur keuangan Anda agar bisa ikut bergabung dalam produk investasi tersebut, diantaranya adalah

  1. Buatlah skala prioritas dalam kebutuhan, bagi yang masih muda, terkadang pemasukan memang selalu lebih kecil dibandingkan dengan pengeluaran, sehingga untuk mencegah hal tersebut maka Anda bisa menggunakan skala prioritas, buatlah daftarnya terlebih dahulu, apa yang sekiranya menjadi kebutuhan pokok atau yang paling mendesak dan mana yang termasuk kebutuhan sampingan. Sehingga mudah untuk mencari celah dalam mengumpulkan uang.
  2. Mengatur pengeluaran, setelah ada skala prioritasnya, akan semakin mudah bagi Anda di dalam mengatur pengeluaran uang, yaitu dengan tidak membeli barang yang tak masuk dalam prioritas utama, sekiranya masih bisa diganti, maka save uang tersebut untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak.
  3. Masukkan sisanya ke rekening investasi Anda, investasi sekarang ini bisa dilakukan secara mudah mengandalkan sistem online, seperti halnya dari reksadana ini sendiri yang sudah menerapkan sistem tersebut, diterbitkan oleh beberapa perusahaan terpercaya guna menunjang kemudahan konsumen. Uang investasi bisa dimasukkan secara mudah.
  4. Selalu membuat laporan keuangan dalam satu bulan, untuk mengecek seberapa konsumtifkah Anda maka bisa dilihat dari laporan keuangan yang sudah dibuat, laporan ini nantinya juga menjadi sebuah evaluasi untuk tak mengulangi kesalahan yang sama dalam pengeluaran. Sebaliknya Anda juga bisa memperbaiki pola konsumsi setiap bulannya, untuk mengelola keuangan jadi lebih baik.
  5. Setelah berinvestasi bukan berarti pola konsumsi bisa seenaknya, tetap harus ada dana cadangan, Anda tak akan tau kapan terjadi masalah dalam kondisi finansial, ketika masalah tersebut datang menghampiri, maka harus ditangani dengan cara yang tepat, salah satunya adalah dengan mengandalkan uang cadangan tersebut, jangan buru-buru mengambil uang investasi, apalagi jika belum waktunya justru hanya akan merugikan diri sendiri.

Itulah cara mudah mengatur keuangan untuk bisa ikut investasi reksadana, patut untuk diketahui, bahwa produk investasi ini bisa dimulai dengan nominal yang sangat rendah, yaitu cukup dengan seratus ribuan rupiah saja. asalkan rutin dalam membayarnya, pasti akan ada hasil yang diterima nantinya.