Ini Dia, Kenapa Alasan Kuliah Di Universitas Swasta Lebih Menjanjikan

Sistem perkuliahan di Indonesia dibagi menjadi 3 yaitu Universitas, Politeknik, dan Institut, dimana ketiganya memiliki sistem pendidikan dan kecenderungan yang berbeda – beda. Misalnya Universitas yang cenderung memberikan bobot teori sebesar 80% sedangkan sisanya praktik. Berbeda dengan Politeknik yang cenderung memberikan bobot 60% untuk praktik dan 40% nya teori kebaliikan dari Intitute yang 60% nya teori dan 40% nya praktik.

Selain sistem pendidikan, Perguruan tinggi di Indonesia juga terbagi berdasarkan pengakuan dari pemerintah, yaitu perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Dimana perbedaan antar keduanya adalah mengenai pembiayaan administratif. Perguruan Tinggi Negeri mendapat subsidi dari pemerintah untuk setiap mahasiswanya, sehingga biaya uang kuliah dapat disesuaikan dengan kemampuan orang tua. Berbeda dengan Universitas Swasta yang biaya perkulihannya disamaratakan karna seluruh biaya kuliah ditanggung penuh oleh mahasiswa.

Akan tetapi dengan asumsi tersebut bukan berarti perguruan tinggi swasta mahal atau tidak lebih baik dari negeri. Ada begitu banyak universitas swasta yang memiliki kualitas sebanding bahkan lebih baik dari negeri. Hanya saja belum diakui oleh pemerintah atau belum lolos beberapa persyaratan untuk dapat menjadi Universitas Negeri. Lantas apa alasan kuliah di universitas swasta terbaik ? Berikut jawabannya :

  1. Jadwal Fleksibel

Universitas swasta menawarkan jadwal yang lebih fleksibel dibandingkan Universitas negeri. Bagaimanapun, universitas negeri tak sebebas universitas swasta karna adanya pantauan dari pemerintah terkait sumber daya manusia di dalamnya. Sehingga kebanyakan universitas negeri memberikan aturan yang ketat terhadap mahasiswanya. Sistem kurikulumnya pun mengikuti aturan dari pemerintah dan harus sesuai dengan rule pemerintah. Sehingga terkesan kuliah di negeri sangat padat dan hampir setiap hari penuh dengan tugas.

Tentunya ini sangat berbeda dengan universitas swasta, yang pembiayaannya cenderung dititik beratkan pada mahasiswa. Sehingga jadwal kuliah lebih fleksibel.

  1. Kerja Sampingan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa jadwa kuliah di Universitas Swasta Terbaik cenderung memiliki jadwal yang fleksibel. Hal ini sangat menguntungkan bagi beberapa orang yang ingin segera sukses dengan memupuk karir di dunia kerja. Dengan fleksibelnya jam kuliah, pada pagi hari Anda dapat bekerja, sepulang dari tempat kerja anda dapat lanjut kuliah. Hal seperti ini tentu tidak bisa didapatkan di Universitas Negeri.

  1. Kesempatan Lolos yang Lebih Tinggi

Memilih kuliah di Universitas Negeri dapat dikatakan gampang – gampang susah bila dibandingkan dengan melanjutkan studi di Universitas Swasta terbaik. Bagiamana tidak daya saing dari Universitas Negeri sangat tinggi sedang kuota yang diambil sedikit. Sehingga tidak semua orang dapat masuk di perguruan tinggi negeri. Meski beberapa universitas swasta yang memiliki grade baik juga memberikan pembatasan terhadap quota. Namun daya tampungnya masih cukup banyak sehingga kesempatan lolos dan kuliah lebih tinggi.

  1. Tersedia Beassiwa

Apabila di Universitas Negeri pembiayaan lebih murah karna ada campur tangan pemerintah didalamnnya. Pada universitas swasta terbaik pun sebenarnya jika Anda jeli, Anda akan menemukan banyak beasiswa yang tersedia mulai dari Beasiswa Jarum, BCA, beasiswa prestasi dan berbagai beasiswa lainya yang dapat memotong biaya kuliah anda atau untuk uang saku Anda. Menarik bukan ?