Contoh Laporan Keuangan, Definisi dan Tujuannya

Contoh Laporan KeuanganArus Kas merupakan bagian penting yang wajib ada dalam laporan keuangan perusahaan atau organisasi. Arus kas bisa dikatakan sebagai pusatnya laporan keuangan atau finacial report. Pada laporang keuangan sederhana seperti di kampung, kampus atau sekolah yang dibutuhkan hanyalah laporan arus kas ini. Hal itu sebab, laporan ini mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu organisasi.

Arus kas menggambarkan atau mencatat tentang penggunaan kas yang terbaik dalam tiga aktivitas. Laporannya haruslah detail, berisi tanggal, jumlah dan keterangan. Jadilah semuanya terpapar jelas tentang keluar masuknya uang sesuai tanggal dan jenis transaksinya. Bila Anda karyawan dibidang keuangan, pastilah tahu bagaimana pentingnya laporan arus kas.

Definisi Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas adalah suatu laporan keuangan yang berasal dari pemakaian kas atau uang simpanan organisasi, perusahaan ataupun instansi terkait. Terdapat 3 bagian laporan arus kas, diantaranya yaitu :

Kas dari kegiatan operasi yakni laporan kas yang mencakup kegiatan uatama di suatu perusahaan, dimana secara langsung berpengaruh pada kas. Contohnya seperti pembayara gaji, pembayaran dan pendapatan piutang, pengeluaran operasional dan lain sebagainya.

Kas dari kegiatan investasi yaitu laporan arus kas keuangan yang berhubungan dengan penghasilahn dari penjualan dan pembelian aktiva tetap.

Kas dari kegiatan pendanaan yakni laporan kas keuangan yang mencakup pengurangan dan penambangan modal.

Itulah tiga bagian dari laporan arus kas keuangan perusahaan, organisasi dan badan-badan lainnya. Berdasarkan standar akuntasi keuangan, laporan kas harus menyajikan setiap data aliran khas pada waktu tertentu dan dikelompokkan menurut kegiatannya masing-masing. Sehingga, laporan arua kas menunjukkan keluar masuknya kas secara jelas dari suatu perusahaan atau organisasi pada periode tertentu baik bulanan, semester atau tahunan.

Tujuan Laporasn Arus Kas

Jika dilihat dari definisinya, laporan arus kas yang menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran khas selama satu periode. Laporan ini bermanfaat sekali bagi manajer untuk mengetahui operasi perusahaan masa lalu yang kemudian dijadikan sebagai patokan untuk merencanakan kegiatan investasi dan pembiayaan berikutnya.

Meski perusahaan besar yang memiliki laba bersih besar pula, tidak menjamin bahwa perusahaan tersebut mempunyai cukup kas untuk membayar gaji pegawai dan juga membeli perlengkapan atau peralatan yang dibutuhkan oleh perusahaan pada periode berikutnya. Inilah tujuan laporan arus kas yang sebenarnya:

  • Memperkirakan arus kas di masa depan perusahaan atau organisasi.
  • Membantu menentukan kemampuan atau ketidakmampuan suatu perusahaan atau organisasi dalam membayar kewajibannya.
  • Sebagai landasan dalam mengambil keputusan untuk memperbaiki performa perusahaan dimasa depan.
  • Sebagai laporan yang berkaitan dengan laba bersih pada perubahaan kas.
  • Untuk landasan menghindari pengeluaran yang tidak terlalu diperlukan oleh perusahaan.

Itulah definisi dan tujuan adanya pembuatan laporan arus kas perusahaan atau organisasi. Untuk contohnya ada banyak di internet.