Cara Menyusui Yang Benar Tepat

Menyusui adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh seluruh ibu yang baru saja melahirkan sebab bayi yang baru lahir tersebut sangat membutuhkan ASI sebagai nutrisinya. Jika nutrisi yang berasal dari ASI tersebut tidak terpenuhi maka akan terjadi kelainan pada bayi. Apabila anda ingin mempunyai bayi yang sehat maka anda harus menyusuinya hingga batas umurnya sudah selesai menyusui. Menyusui bayi juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Banyak para ibu muda yang baru pertama kali memiliki bayi tidak paham tentang cara menyusui yang benar.

Meski menyusui sudah tergolong hal yang begitu alami namun tidak sedikit para ibu yang kesulitan untuk melakukannya sebab tidak tahu bagaimana cara menyusui bayi dengan tepat. Ulasan kali ini akan membahas caranya secara lengkap dan bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak pembahasan yang ada dibawah ini.

Cara menyusui yang benar yaitu sang ibu harus berada dalam posisi yang sangat rileks dan santai serta nyaman. Kemudian posisi kepala bayi harus diletakkan lebih tinggi dinganding dengan posisi tubuhnya. Hal tersebut agar si bayi dapat menelan ASI dengan mudah. Dapat juga dengan menggunakan bantal sebagai pengganjal bagian kepala bayi. Untuk posisi hidung bayi sebaiknya didekatkan sejajar dengan bagian puting. Hal tersebut dilakukan agar sang bayi terdorong untuk segera membuka mulutnya.

Posisi Menyusui yang baik

Kemudian cara menyusui yang benar berikutnya yaitu bayi harus benar benar didekatkan pada payudara ketika sang bayi tersebut sudah mulai menyusu. Apabila ternyata bayi tidak segera membuka mulutnya untuk menyusu maka sang ibu harus membantu proses menyusui tersebut dengan cara menyentuh halus bibir bayi. Untuk posisi pendekatan bayi harus dilakukan dengan asimetris yaitu mulit tidak hanya terus menempel pada bagian puting saja namun mulut bayi harus melebar keseluruh area sekitar puting. Ini merupakan cara yang benar yang harus benar benar diperhatikan.

Lalu cara menyusui yang benar yaitu ketika ibu tidak merasa sakit atau nyeri pada sekitar putingnya dan harus memastikan bahwa sang bayi benar benar telah mencukupi nutrisinya dengan ASI. Caranya yaitu dengan mendengarkan suara ketika bayi menelan ASI. Biasanya bayi akan menyusu selama 5 sampai 40 menit lamanya. Namun di awal, ibu dan juga bayi harus melakukan adaptasi yang baik.

Agar bayi dapat menyusu dengan nyaman maka akan jauh lebih baik jika sang ibu menggunakan jenis bra khusus untuk menyusui sehingga nantinya saluran ASI tidak terhambat atau tersumbat. Sebab apabila hal tersebut terjadi maka sang ibu akan mengalami radang payudara yang disebut dengan mastitis. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui mengenai cara menyusui yang benar.

Recent Tag:

  • posisi menyusui yang benar
  • perawatan payudara
  • posisi menyusui bayi yang benar