Cara Kerja Aki Basah Berdasarkan Komponennya

Cara Kerja Aki Basah Berdasarkan Komponennya

Sebenarnya cara kerja aki basah itu adalah dimana aki tersebut akan berperan sebagai tempat untuk menyimpan tenaga listrik ketika sedang dibutuhkan. Jadi, cara kerjanya disini adalah untuk mengaktifkan sistem yang terdapat dalam rangkaian listrik. Cara kerjanya mengguanakan bantuan dari reaksi kimia. Reaksi kimia disini nanti akan menghasilkan sebuah aliran elektron yang bisa menyalakan dari beban listrik. Lebih lengkapnya akan kami jelaskan cara kerjanya berdasarkan komponennya dan konstruksinya. Misalnya saja, seperti yang ada di bawah ini:

Konstruksi Aki

Sebenarnya, dilihat secara sederhana, yang namanya aki itu tersusun atas 3 komponen utama. Yaitu, plat negatif, plat positif, dan juga larutan elektrolit. Untuk cara kerjanya nanti adalah, saat plat negatif dan positif mulai disambungkan lewat beban, maka nanti akan menimbulkan sebuah reaksi kimia di dalam larutan elektrolit aki. Sehingga, muncul sebuah arus listrik yang berasal dari plat positif menuju ke dalam plat negatif. Dengan cara inilah, maka mesin mobil ataupun motor dapat menyala.

Cara Kerja Komponen Aki

Bila dikupas sampai mendalam, akan ada 10 bagian baterai. Dimana nama dari bagian baterai ini nanti akan merujuk ke dalam pemakaian aki basah. Jadi, bila dibandingkan antara aki kering dan aki basah ini jelas berbeda dari segi komponennya. Di bawah ini adalah sedikit penjelasan tentangĀ cara kerja aki basah berdasarkan komponennya, antara lain:

Pertama, aada sebuah kotak aki. Komponen yang satu ini merupakan sebuah tempat untuk menaruh semua bagian aki. Disamping menjadi sebuah wadah, kotak aki nanti juga akan berguna untuk housing yang dapat melindungi semua bagina yang ada dari aki dari segala benturan saat kendaraan sedang dijalankan. Untuk bahan kotak ini sendiri biasanya berasal dari plastik khusus yang teksturnya keras. Dengan begitu, saat terjadi tumbukan dari luar, maka hal ini tidak akan mempengaruhi kinerja dari semua komponen yang terdapat di dalam aki.

Kedua, ada juga yang namanya plat aki. Plat itu sendiri terbagi menjadi 2 macam. Yaitu, plat positif dan plat negatif. Plat aki ini nanti akan berguna sekali untuk proses reaksi kimia ketika baterai aki sedang bekerja. plat negatif biasanya berasal dari timbal atau timah hitam yang memiliki unsur kimia bernama Pb dengan warna abu-abu. Sedangkan, untuk plat positif berasal dari lead dioxide yang unsurnya bernama PbO2. Ini adalah kombinasi dari timbal dan juga oksigen yang warnanya coklat. Perbedaan keduanya ini nanti akan menciptakan sebuah aliran listrik yang berasal dari plat positif. Besaran arus listrik yang ditimbulkan dipengaruhi oleh luas dari penampang platnya.

Ketiga, masih ada juga yang bernama plat separator. Seperti namanya, cara kerja dari palt ini adalah untuk menyekat antara plat positif dengan plat negatif. Keduanya harus disekat supaya tidak terjadi peristiwa kosleting yang berbahaya saat reaksi kimia berlangsung. Separator ini biasanya berasal dari bahan isolator yang ampuh dalam menahan arus listrik. Permukaannya berpori agar larutan elektrolit bisa mengalir dari plat yang positif ke negatif dan sebaliknya.

Ke-empat, cell separator. Bagian yang satu ini merupakan sebuah komponen yang dapat memisahkan di antara setiap selnya. Partisi sel ini tidak punya celah. Dengan begitu, larutan elektrolitnya sifatnya individu. Sehingga, untuk setiap 1 partisi ada 6 tutup.

Kelima, cell connector. Untuk cara kerja aki basah yang satu ini sebagai benda konduktor yang bertugas menghubungkan plat di antara cell yang ada secara seri. Jadi, bagian ini nanti akan bekerja dengan cara menghubungkan plat negatif dengan plat positif.

Ke-enam, bagian tutup ventilasi. Ini adalah sebuah penutup yang ada di atas cell. Fungsinya adalah untuk tempat pengisian larutan elektrolit di setiap cell aki dan digunakan juga sebagai ventilasi pada setiap cell ketika terjadi reaksi kimia. Sedangkan kegunaan yang lainnya adalah merupakan tempat hydrogen menguap saat aki sedang diisi. Jadi, bila bagian lubang ini mulai tersumbat, hal ini bisa membuat aki menjadi menggelembung.

Tentang Aki NS

Itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang cara kerja aki basah. Untuk Anda yang bingung aki mana yang bisa dipilih, maka Anda bisa mencoba NS battery. Karena, aki ini merupakan rangkaian produk milik PT. Nipress tbk. Dimana perusahaan ini sudah berpengalaman hingga melebihi dari 40 th dalam bidang teknologi penyimpanan baterai di berbagai industri. Entah itu dari industrial sampai dengan dari segi infrakstrukturnya. Untuk aki maintenance dari free NS Jaguar dan juga produk Cheetah yang bisa dipakai untuk kendaraan beroda 4 ini secara resmi telah diluncurkan dari tahun 2015. Sedangkan aki maintenance dengan produk free NS Hawk beserta Eagle yang bisa dipakai untuk kendaraan beroda dua ini resmi dihadirkan dari tahun 2016.