Cara Cepat Belajar Kunci Gitar Dasar

Ketika melihat orang lain bermain gitar pasti sangat menyenangkan bukan? Sebenarnya anda pun bisa memainkan alat petik tersebut dengan mudah. Belajar gitar tidak terlalu sulit dan tentunya sangat menyenangkan. Asalkan anda rajin berlatih dengan sungguh-sungguh, dalam beberapa hari dijamin and bisa memainkan sebuah lagu dengan cukup lancar. Awalnya anda harus mulai belajar kunci gitar dasar sebelum fasih memainkan lagu kesayangan. Kali ini akan kita bahas mengenai teknik dasar bermain gitar bagi para pemula. Cara ini diharapkan dapat membantu anda menguasai alat musik petik ini dengan cepat.

Cara Mudah Belajar Kunci Gitar

Sebelum mulai belajar kunci gitar dasar, pertama penting kiranya untuk menanamkan pikiran positif dalam diri anda. Buang jauh-jauh pikiran negatif seperti merasa tidak memiliki bakat, merasa sulit memahami teknik, merasa tekniknya terlalu rumit, merasa sudah terlalu tua untuk belajar, dan berbagai alasan lain semacamnya. Padahal sebenarnya cara belajar gitar itu cukup mudah dan tidak serumit pikiran anda. Anda tidak butuh bakat, karena pada dasarnya hanya perlu melatih jari-jari tangan untuk melakukan hal baru. Jadi anda hanya perlu membiasakan jari untuk memetik senar gitar.

Bagi anda yang punya semangat tinggi, sangat mungkin belajar gitar untuk memainkan lagu hanya dalam 10 jam saja. Hal ini dapat dimulai dengan belajar kunci gitar dasar terlebih dahulu. Bagaimana posisi jari saat memegang gitar, menggenjreng senar, dan macam-macam kunci dasar gitar. Mungkin bagian melatih jari-jari anda membentuk kunci gitar dasar adalah hal yang paling sulit. Anda harus menghafal kord dasar dan dapat memainkannya diluar kepala. Jika sudah, anda bisa menghafal bentuk kord gitar lainnya. Mainkan kunci-kunci gitar yang telah anda hafal minimal 30 menit setiap hari. Ubah bentuk jari-jari anda dari kunci gitar yang satu ke kunci gitar yang lain.

gambar grafik chord

Tips Belajar Kunci Gitar Dasar

Bagi pemula biasanya masih ragu saat belajar kunci gitar dasar. Agar suara senar gitar terdengar tegas, anda harus menekan senar gitar dengan kuat. Memang awalnya cukup menyulitkan dan ujung jari-jari anda akan terasa sakit. Tapi lama-kelamaan ini tidak akan mengganggu lagi. Fokuskan pikiran anda untuk mendapat suara gitar yang enak didengar. Kemudian usahakan selalu memencet senar gitar sedekat mungkin dengan fret. Hal ini bisa meminimalisir suara dengung dan membuat suara gitar lebih jelas dan bersih.

Pasti jari-jari anda akan lecet dan pergelangan tangan terasa pegal saat belajar kunci gitar dasar. Tapi jangan khawatir karena hal ini hanya anda temui di awal sebagai penyesuaian. Selebihnya ketika anda sudah rutin berlatih, anda tidak kan merasakan lagi. Dan memainkan gitar pun akan terasa menyenangkan.