Apakah Hamil Setelah Operasi Caesar Aman?

Banyak ibu yang mempertanyakan apakah hamil setelah operasi caesar aman bagi kondisi ibu dan juga calon janin? Adakah jarak waktu tertentu yang dibutuhkan bagi seorang ibu untuk kembali hamil setelah melakukan operasi caesar sebelumnya? Jika ada, apa saja hal yang perlu dipersiapan sehingga ketika kehamilan datang ibu tidak akan mengalami kesusahan ? pertanyaan-pertanyaan in i akan dijawab secara lugas dan singkat dalam ulasan berikut ini.

melahirkan normal setelah caesar 2 kali

Kehamilan setelah masa caesar

Pada dasarnya ibu yang sebelumnya pernah memiliki sejarah melahirkan secara caesar disarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan sesudahnya. Hal ini untuk menghindari terjadi kontraksi atau hal-hal buruk lainnya. Masa normal dan aman bagi seorang ibu untuk kembali hamil setelah melahirkan adalah kira-kira 18 bulan semenjak menjalani operasi caesar. Meski demikian, kadang kala ada kejadian ketika ibu kembali hamil meski baru menjalani masa operasi caesar selama kurun waktu tiga bulan atau lebih sedikit. Hal seperti ini memang memberikan resiko. Hamil setelah operasi caesar dalam kurun waktu yang relatif singkat memang dapat terjadi.

Ketika kehamilan akhirnya terjadi, ibunda tidak perlu khawatir karena kehamilan masih bisa dipertahankan selama kandungan dan rahim ibunda kuat. Hanya saja memang membutuhkan perhatian serta perawatan yang jauh ekstra lebih ketat. Saat kehamilan terjadi dalam masa penyembuhan pasca caesar maka ibunda dan suami harus menjaga dengan lebih baik lagi. Pemeriksaan secara rutin sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Hamil setelah operasi caesar biasanya kemungkinan besar juga akan berakhir dengan dilakukannya operasi caesar berikutnya.

Meski demikian, terkadang ada kondisi tertentu dan khusus di mana ibunda dapat melahirkan secara normal meski setelah menjalani caesar pada kehamilan sebelumnya. Pemeriksaan seperti ante natal mesti dilakukan secara rutin. Selain itu, pengecekan kondisi lain juga dibutuhkan. Terutama mengenai kebutuhan asupan nutrisi yang mesti dapat mencukupi ibunda dan bayi. Hamil setelah operasi caesar memang memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan yang sebelumnya tidak memiliki riwayat caesar terlebih apabila terjadi dalam kurun waktu yang relatif singkat. Meski demikian, kehamilan seperti ini aman terlebih bila ibunda dapat menjaga kondisi tubuh agar selalu prima dan menjaga kondisi kandungan dengan sangat baik.