6 Kuliner Khas Jawa Tengah Yang Bikin Ketagihan

Selain terkenal dengan wisata sejarahnya, provinsi Jawa Tengah juga memiliki kekayaan wisata kuliner lezat yang tak kalah lezat. Banyak kuliner khas Jawa Tengah yang terkenal enak dan bikin ketagihan, bahkan kuliner-kuliner ini mampu menarik minat para wisatawan lokal maupun asing. Jika anda hendak berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Tengah, selain melakukan pemesanan tiket online, anda juga harus pesan hotel online murah terlebih dahulu. Selain itu, tentunya Anda butuh referensi mengenai kuliner khas nan lezat, yang wajib anda coba saat berwisata kuliner disana, dan berikut ulasannya untuk anda.

  • Brekecek – Cilacap

Brekecek - CilacapIndonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan hayati, terutama ikan. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika banyak sekali kuliner khas dengan menggunakan olahan ikan. Jika anda berjalan-jalan ke wilayah Cilacap, anda bisa mencoba untuk menikmati kuliner khasnya, yaitu Brekecek. Brekecek sendiri merupakan olahan dari ikan Jahan atau Pathak yang dicampur dengan irisan tauge ataupun kol mentah, rasa gurih dari santan, serta bumbu rempah-rempah yang kuat, memberikan rasa mirip rica-rica. Daging ikannya pun sangat lembut, menikmati olahan Brekecek ini paling pas bila disajikan bersama nasi hangat.

  • Sup Senerek – Magelang

Sup Senerek - MagelangSekilas, sup Senerek ini terlihat seperti sup kacang merah, tetapi ada sedikit perbedaan antara sup kacang merah dengan senerek. Isian sup Senerek berisi beragam sayuran dan daging, kuahnya yang bening namun kaya akan bumbu rempah-rempah. Sup senerek sendiri konon telah ada sejak zaman Belanda loh! Sup lezat ini akan lebih nikmat saat disantap pada jam makan malam, terlebih saat cuaca dingin.

  • Nasi Grombyang – Pemalang

Nasi Grombyang - PemalangDari namanya saja, kuliner lezat yang satu ini sudah bisa buat anda penasaran ingin mencicipi langsung. Bila dilihat sekilas, kuliner yang satu ini mirip dengan soto ataupun rawon dengan kuahnya yang berwarna coklat keruh. Perbedaan antara nasi grombyang dengan soto, terletak pada irisan dagingnya yang lebih besar dan rasa dari bumbu rempah – rempahnya yang tajam. Kuliner ini diberi nama grombyang, sebab isian dari kuliner lezat ini memiliki porsi isian yang lebih sedikit ketimbang kuahnya.

  • Mangut Beong – Magelang

Mangut Beong - MagelangSatu lagi kuliner khas Jawa Tengah yang terbuat dari olahan ikan. Kuliner ini bernama Mangut Beong, yang merupakan kuliner khas asal kota Magelang. Ikan yang digunakan untuk sajian Mangut Beong ini berbahan dasar ikan khas sungai Progo, yang memiliki bentuk menyerupai bentuk ikan lele, daging dari ikan ini pun dikenal sangat lembut namun tidak mudah hancur. Ikan Beong dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi. Lezat, harganya terjangkau, dan menyehatkan!

  • Nasi Gandul – Pati

Nasi Gandul - PatiProvinsi Jawa Tengah dikenal dengan kuliner nasi yang dipadukan dengan kuah. Salah satunya adalah olahan nasi yang diberi nama nasi gandul. Nasi gandul sendiri merupakan makanan khas dari kota Pati yang mirip dengan kuliner soto. Dalam satu porsi nasi gandul, terdapat nasi putih yang disajikan dengan daging sapi beserta jeroannya, lalu diatasnya disiram dengan kuah kaldu dan santan encer dengan aroma rempah – rempah khasnya yang menyeruak. Seporsi nasi gandul semakin nikmat dengan dilengkapi sepotong tempe goreng, sambil ditambah irisan jeruk nipis dan sambal. Kuliner ini dinamakan gandul yang jika dalam bahasa Indoneia, memiliki makna ‘gantung’ karena dahulunya, penjual makanan ini menjual nasi gandul dengan cara dipanggul atau digantung pada bambu

  • Es Dawet Ireng – Purworejo

Es Dawet Ireng - PurworejoSetelah puas bersantap makanan berat nan lezat di atas, anda bisa memilih menu penutup wisata kuliner kali ini dengan menikmati es dawet ireng khas Purworejo yang segar. Dawet atau di Jawa Barat dikenal dengan sebutan cendol. Jika pada umumnya dawet berwarna hijau, di Purworejo, anda akan menemukan banyak penjual dawet yang menjajakan es dawet ireng (hitam pekat). Tidak perlu takut, warna hitam yang dihasilkan, merupakan warna alami dari hasil abu bakar jerami yang dicampurkan dengan bahan baku untuk membuat cendol. Meskipun menggunakan abu, cendol ini aman untuk dikonsumsi dan tidak mengganggu kesehatan kok, seporsi es Dawet ireng khas Purworejo ini, sangat nikmat dengan disajikan bersama santan, dan paling nikmat saat diminum ketika cuaca sedang terik.

Sangat menggugah selera bukan? Dengan melakukan pemesanan tiket online, anda bisa melakukan perjalanan menuju provinsi Jawa Tengah, dan sempatkan waktu untuk mencicipi semua kuliner-kuliner lezat diatas, dan bersiaplah untuk ketagihan!

Lalu, tunggu apalagi? Segera atur jadwal perjalanan wisata Anda dengan melakukan pemesanan tiket online dan juga pesan hotel online murah yang banyak tersedia di situs booking online terpecaya, Reservasi.com. Selamat berwisata kuliner!