4 Cara Jasa Design Interior Menentukan Biaya

4 Cara Jasa Design Interior Menentukan BiayaRumah pada masa kini tidak hanya dibuat sebagai kebutuhan utama saja. Pemilik rumah cenderung membangun rumah sesuai dengan keinginannya. Salah satu bagian rumah yang diperhatikan ialah bagian interiornya. Ruangan-ruangan di dalam rumah harus ditata sehingga nampak estetis dan menarik. Karena pekerjaan ini tidaklah mudah, pemilik rumah seringkali menggunakan jasa design interior. Designer interior akan membantu pemilik rumah menata bagian dalam rumah. Mulai dari ruang tamu, ruang kerja, kamar mandi, ruang keluarga, dapur, hingga kamar tidur. Selain menata ruangan, mereka juga membantu pemilik rumah dalam hal lainnya. Contohnya seperti memilih warna cat dinding, pencahayaan, furniture, pemilihan lantai, serta plafon.

Designer interior akan mendesign ruangan berdasarkan permintaan pemilik rumah. Biasanya, mereka akan mulai dengan menggambar 2 dimensi untuk denah ruangan. Setelah itu, barulah mereka mendesign 3 dimensi sebagai pedoman mereka ketika menjalankan proyek.

Kemampuan yang mereka miliki membuat banyak orang bertanya seberapa besar biaya untuk menyewanya. Sebenarnya, sulit untuk menentukan standar biaya penggunaan jasa design interior. Mereka umumnya memasang tarif yang berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa cara untuk melakukan perhitungan biaya design interior. Berikut ini adalah beberapa cara penghitungan yang banyak digunakan oleh designer interior Indonesia.

Berasarkan luas ruangan

Terdapat penyedia jasa design interior yang menghitung biaya berdasarkan luas ruangan. Semakin luas suatu ruangan, semakin besar juga biayanya. Selain itu, biaya ini juga dapat berbeda di setiap daerah. Di Jakarta misalnya, biaya yang dipatok designer interior tersertifikasi ialah sekitar Rp 200.000 hingga Rp 1.000.000 per meter persegi.

Persentase

Beberapa penyedia jasa design interior memasang harga berdasarkan presentase dari total produksi. Presentase ini berjumlah 2% hingga 5% dari total biaya keseluruhan yang sudah disepakati.

Menjual design saja

Terdapat penyedia jasa interior yang memasang harga berdasarkan design ruangan yang mereka gambar. Jadi, ketika pemilik rumah berkonsultasi, designer dapat memperhitungkan biayanya secara rinci. Biaya tersebut disesuaikan dengan tingkat kerumitan design. Semakin rumit design ruangan yang dibuat, semakin besar juga biayanya.

Jasa design and build

Terdapat penyedia jasa interior yang menawarkan jasa design and build. Artinya, penyedia jasa akan menghitung biaya design sekaligus pengisian furniture di rumah. Biaya tersebut juga termasuk pengecatan dinding, pencahayaan, pemasangan lantai, serta plafon.

Tips Mencari Jasa Design Interior

Sebelum menggunakan jasa design interior, pemilik rumah haruslah cermat. Seperti penyedia jasa lainnya, jasa design interior juga beresiko. Bila ternyata pekerjaan mereka tidak sesuai, pemilik rumahlah yang nantinya akan merugi. Untuk itu, pemilik rumah harus memilih designer interior yang sesuai dengan kebutuhannya. Terdapat beberapa tips ketika memilih jasa design interior.

  1. Melihat portofolio designer interior

Portofolio merupakan modal bagi desginer interior. Dari sana, konsumen dapat menilai keahlian dan pengalaman mereka. Bila portofolio mereka bagus dan sesuai konsep yang diinginkan, mereka patut dipertimbangkan.

  1. Melihat proyek secara langsung

Ketika proyek dijalankan, pemilik rumah disarankan untuk melihatnya secara langsung. Dengan begitu, pemilik rumah dapat memastikan pekerjaan mereka sesuai dengan design yang dibuat. Jika sering mengawasi proyek, resiko terjadi kesalahpahaman juga akan berkurang.

  1. Memperhitungkan penawaran harga

Seringkali, banyak pemilik rumah yang tergiur oleh penawaran harga murah. Padahal, belum tentu harga tersebut sesuai dengan hasil pekerjaan designer interior. Jadi, pemilik rumah harus berhati-hati apabila harga yang ditawarkan tidak realistis.