3 Tips Memilih Harga AC Murah yang Cocok untuk Hunian Anda

Tips Memilih Harga AC Murah yang Cocok untuk Hunian AndaApa jenis hunian Anda? Rumah minimalis, maksimalis, atau apartemen studio? Apapun jenisnya, saat ingin membeli AC, tentu perlu mempertimbangkan banyak hal. Apakah harga AC tersebut murah, bisa cepat dingin sehingga hemat listrik, tidak mudah terbakar, atau tidak merusak ozon? Anda bisa menerapkan 3 tips berikut untuk AC yang sesuai dengan hunian.

  • Memilih Kapasitas PK yang Tepat

Anda mungkin sudah memahami BTU (British Thermal Unit) dan PK (Paard Kracht) atau HP (Horse Power), alias tenaga kuda. Nah, kapasitas AC menggunakan ukuran ini, dari 1/2 PK (± 5.000 BTU/jam), 3/4 PK (± 7.000 BTU/jam), 1 PK (± 9.000 BTU/jam), 1 1/2 PK (± 12.000 BTU/jam), 2 PK (± 18.000 BTU/jam), sampai 2 1/2 PK (± 24.000 BTU/jam).

Begini perhitungan sederhananya. Kita asumsikan tinggi ruangan yang ingin Anda pasang AC adalah 5 meter, lebar 3 meter dan panjang 4 meter. Anda kalikan panjang, lebar, dengan 1.000 BTU, maka hasilnya 12.000 BTU. Untuk ruangan dengan tinggi ≤ 3 meter, angka 1.000 BTU diganti dengan 500 BTU.

Jika Anda memasangnya di ruang tengah yang kerap ditempati 3 orang, tambahkan hitungannya, yaitu 3 dikali 1.000 BTU hasilnya 3.000 BTU. Jadi, totalnya adalah 12.000+3.000 atau 15.000 BTU. Anda bisa menebak, berapa kapasitas AC yang harus dipilih agar hemat listrik? Ya, Anda bisa memilih AC dengan kapasitas 1 1/2 PK atau 2 PK.

  • Penempatan AC di Ruangan

Jika Anda tinggal di hunian minimalis atau maksimalis dan hanya ingin memasang 1 AC, maka letakkan di spot yang Anda rasa paling perlu membutuhkan AC. Ruang tengah, kamar tidur, atau ruang tamu? Meski sebenarnya, ruang lain juga bisa terkena dinginnya jika Anda menyetelnya dengan suhu sangat dingin.

Sedangkan untuk hunian berbentuk apartemen studio, penempatan di tengah ruangan sangat dianjurkan. Apalagi hunian ini tanpa sekat atau partisi, maka di sudut manapun Anda, sensasi sejuk AC akan tetap Anda rasakan.

  • Memilih AC Terbaru

Produk second seringkali dijadikan pilihan untuk mendapat harga murah dan bujet yang pas-pasan. Tapi, jika usianya sudah sangat tua, Anda juga perlu mempertimbangkan intensitas gangguan yang akan terjadi. Jika sering rusak, Anda tentu harus mengeluarkan biaya lagi untuk jasa service.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda pilih AC terbaru yang performanya masih prima. Saat ini banyak AC baru dari merek terkenal dengan harga terjangkau, baik yang menggunakan teknologi inverter maupun non-inverter. Pendingin ruangan terbaru biasanya lebih cepat dingin, hemat listrik, dan pastinya tidak harus sering-sering di-service. Lebih murah bukan?

Nah, untuk urusan harga AC murah, jasa pasang, bongkar, sampai pemeliharaannya bisa Anda peroleh dari CMS Maintenance dengan mengunjungi laman cmsmaintenance.co.id. Berbagai jenis AC tersedia di sini, seperti AC Split, AC Casette, AC Standing, Central, dan lainnya. Untuk ukuran, Anda bisa pilih dari 1/2 PK sampai 2,5 PK.